Silabus Bahasa Jawa SD Kurikulum 2013 Jawa Timur Terbaru

Bloggersiana.com – Sudah bisa diunduh Silabus Bahasa Jawa Sd Kurikulum 2013 Jawa Timur melalui tautan yang telah tersedia pada paragraf di bawah. Adapun pembagian Silabus tersebut diperuntukkan secara khusus untuk Bapak/Ibu yang mengajar bidang bahasa jawa khusus daerah jawa timur di jenjang SD. Dengan Silabus ini, guru dapat mengembangkan metode dan teknik mengajar serta mampu menganalisa karakteristik dalam menerapkan metode belajar mengajar.

Dalam sistem K13, masih terdapat muatan lokal (Mulok) Bahasa Jawa khusus provinsi Jawa Timur yang didasari pada lampiran SD Pergub Nomor 19 Tahun 2014, yang menyatakan adanya silabus bahasa jawa sekolah dasar. Silabus bahasa jawa k13 secara keseluruhan tidak berbeda dengan kurikulum lama, namun terdapat tambahan sedikit pada aspek Kompetensi Dasar, Kompetensi Inti Religius dan Sosial. Silabus Bahasa Jawa SD ini adalah landasan pokok dalam pembelajaran Mulok Bahasa Jawa yang dalam proses pembelajarannya di kelas terpisah dari pembelajaran umum tematik lainnya. 

Mempertahankan tradisi Bahasa Jawa melalui mata pelajaran Bahasa Jawa pada setiap jenjang pendidikan dasar dinilai penting karena dari masa ke masa, setiap bahasa daerah yang ada di Indonesia pada umumnya mengalami ancaman pergeseran budaya karena seiring berjalannya laju jaman, baik di dalam negara maupun di luar negara. Seiring dengan perencananaa strategis Pendidikan Nasional, khususnya dalam kebijakan dasar dan Program Nasional Bagi Anak lndonesia (PNBAI) oleh Mendikbud, pendidikan di daerah harus menyelaraskan dengan Renstra tersebut, yaitu  mencari tahu secara sungguh – sungguh bagaimana membina dan melestarikan bahasa daerah sebagai bahasa dalam pendidikan bagi suku Jawa.

Rekomendasi Bloggersiana:

Silabus Teknik Animasi 2d dan 3d Terbaru

Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Smk Kelas XI Terbaru

Setelah beberapa paparan singkat terkait silabus Bahasa Jawa Sd Kurikulum 2013 untuk daerah Jawa Timur, kini langsung saja bagi Bapak/Ibu untuk mengunduh berkasnya pada tautan yang telah tersedia di bawah ini.

  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 1
  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 2
  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 3
  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 4
  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 5
  • Unduh – Silabus Bahasa Jawa Sd K13 Jawa Timur Kelas 6

Silahkan kunjungi juga berkas terkait

Silabus Ski Mts Kelas 9 Kurikulum 2013 Terbaru

Demikian apa yang pada kesempatan kali ini bisa Bloggersiana sajikan pada Bapak/Ibu guru sekalian terkait silabus Bahasa Jawa untuk Jawa Timur. Semoga hal sederhana dengan membagikan silabus ini, bisa sedikit mengurangi beban kerja Bapak/Ibu dalam hal penyediaan berkas administratif. Dan juga besar harapan bloggersiana agar performa Bapak/Ibu dalam memberikan pengajaran semakin efektif dalam melestarikan dan kembali mempopulerkan bahasa Jawa kepada generasi muda agar tidak habis dimakan jaman.

Dan semoga juga di dalam tahun ajar ini, bloggersiana bisa terus aktif dalam berkontribusi pada Bapak/Ibu guru dengan terus menyediakan berkas – berkas yang sekiranya Bapak/Ibu butuhkan. Jika dalam postingan kali ini ada kalimat atau bahkan ada berkas yang tidak  sesuai ekspektasi Bapak/Ibu, mohon dibukakan pintu maaf  sebesar – besarnya dan  mohon tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi bahan evaluasi  kami kedepannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *