Hadis tentang tertawa Beserta Penjelsannya

Please log in or register to like posts.
Hadits tentang tertawa

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul hadis-hadis tentang tertawa. Sebagai seorang muslim, layaknya kita menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

Di antara tuntuan dari Nabi Muhammad saw untuk menjalani hidup ini adalah terdapatnya hadits-hadits tentang tertawa. Mari kita pelajari keterangan-keterangan tentang tertawa dari Baginda Nabi Muhammad saw.

hadis tentang tertawa

Hadis-hadis tentang tertawa

Rekomendasi Bloggersiana:

Rasulullah saw tidak memberikan contoh kepada umatnya untuk banyak tertawa. Melainkan Rasul saw memerintahkan umatnya untuk menghindari dari banyak tertawa. Jika kita bertanya sebabnya, maka jawaban dari Rasul adalah karena banyak tertawa bisa mematikan hati.

Hadis tentang tertawa: Dalil

Terdapat larangan banyak tertawa dalam hadits Rasulullah saw berikut ini.

لَا تُكْثِرُوا الضَّحَكَ فَإِنَّ كَثْرَةِ الضَّحَكِ تُمِيْتُ الْقَلْبَ

Artinya: Janganlah kalian banyak tertawa karena banyak tertawa itu bisa mematikan hati.

Dalam kisah yang diceritakan oleh salah satu istri Rasulullah yaitu Aisyah, dikisahkan bahwa Rasulullah itu jarang tertawa dan sering tersenyum.

مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُسْتَجْمِعاً ضَاحِكاً حَتَّى أَرَى مِنْهُ لَهْوَاتَهُ إِنَّمَا كَانَ يَتَبَسَّمُ

Artinya: Aku tidak melihat Nabi saw sering tertawa melainkan aku melihat janggut dari Rasul saw. Sejatinya Rasul saw sering tersenyum.

Tuntunan lain menyebutkan bahwa senyum itu sodaqoh. Tidak ditemukan suatu keterangan yang menjelaskan kebaikan dari banyaknya tertawa. Sabda Rasul saw menjelaskan bahwa senyum adalah sodaqah.

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya: (Jika) tersenyum kepada saudaramu, (maka) bagimu (telah melakukan) sodaqah.

Hadis tentang tertawa: Faidah

  1. Adanya larangan banyak tertawa
  2. Banyak tertawa bisa mematikan hati
  3. Banyak tertawa bukan salah satu yang disunatkan oleh Rasulullah saw

Hikmah

Tulisan ini membahas tentang larangan terlalu banyak tertawa. Perlu kita perhatikan baik-baik bahwa yang dilarang itu banyak tertawa. Sejatinya tertawa sekali atau dua kali bukan lah suatu hal yang dibenci. Sebaliknya, tersenyum harus diperbanyak. Karena hal itu bisa menjadi sebuah sodaqah.

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *