Membuat Garis Kop Surat Dan Cara-caranya

Please log in or register to like posts.
cara membuat garis kop surat

Blogersiana.com – Di sini kita akan membahas tentang cara membuat garis kop surat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kop surat merupakan salah satu komponen penyusunan surat. Kop surat ini terletak di posisi paling atas pada surat. Tentunya hal ini memiliki tujuan yaitu agar si penerima surat dapat langsung mengetahui dari mana surat ini berasal.

Isi Kop Surat

Kop surat berisi tiga poin penting dalam surat. Poin pertama adalah nama lembaga atau instansi pengirim surat. Hal ini menjadi sangat penting dikarenakan si penerima surat akan langsung mengenal asal surat tersebut berdasarkan kop surat yang dibacanya.

Poin kedua adalah logo lembaga atau instansi pengirim surat. Hal ini juga tidak kalah penting dari poin pertama. Karena dengan adanya logo, maka legalitas dan validitas sebuah lembaga bisa terjamin.

Rekomendasi Bloggersiana:

Poin ketiga adalah alamat lembaga atau instansi pengirim surat. Sama pentingnya dengan dua poin pendahulunya, poin alamat ini menunjukkan tertib aturan penulisan surat yang sesungguhnya.

Desain Kop Surat

Kop surat terdiri dari tiga poin penyusun: nama lembaga, logo lembaga, dan alamat lembaga. Kop surat terletak di posisi paling atas pada surat. Cara pembuatannya pada microsoft word dapat menggunakan fitur header yang ada pada tab insert.

Nama lembaga pada kop surat biasanya ditulis dengan hurup kapital dan huruf yang ditebalkan. Kemudian logo pada kop surat disimpan di bagian kiri. Namun, ketika terdapat dua logo yang akan dicantumkan maka simpan logo selanjutnya di sebelah kanan.

Pada bagian alamat lembaga, biasanya disimpan di bawah nama lembaga dengan menggunakan huruf kecil. Desain alamat lembaga dapat diberi warna pada hurufnya dan juga dimiringkan. Namun hal ini bersifat opsional atau pilihan. Kemudian pada kop surat terdapat garis di bawah yang membatasi kop surat dengan isi surat. Pembuatan garis kop surat ini akan dibahas lebih lengkap pada paragraf selanjutnya.

Cara Membuat Garis Kop Surat

cara membuat garis kop surat

Pembuatan kop surat memiliki desain garis di bawahnya yang memisahkan antara kop surat dengan isi surat. Masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara membuat garis kop surat pada microsoft word. Oleh karena itu, akan disajikan di bawah ini cara membuat garis kop surat.

  1. Buatlah kop surat terlebih dahulu beserta poin-poin penyusunnya.
  2. Untuk membuat garis, buka tab insert pada microsoft word.
  3. Buka fitur “shapes” kemudian cari garis lurus.
  4. Drag atau tarik kursor secara horizontal dari sisi kiri menuju sisi kanan.
  5. Sorot garis yang sudah terbentuk lalu atur ketebalannya pada tab format.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *