Contoh Surat Dinas Beserta Uraian Pengertian

Please log in or register to like posts.
contoh surat dinas

Blogersiana.com – Di sini kita akan membahas tentang contoh surat dinas. Pada artikel ini akan diberikan sebuah contoh surat dinas dan juga uraian-uraian mengenai surat dinas itu sendiri. Apa yang dimaksud dengan surat? Apa yang dimaksud dengan surat dinas? Dan apa tujuan dari penulisan surat dinas?

Surat merupakan sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menyampaikan suatu informasi. Informasi yang disertakan di dalam surat merupakan informasi tertulis. Sebuah surat secara sederhana memiliki perlengkapan lain yaitu perangko dan amplop. Kedua perlengkapan ini menjadikan sebuah bukti bahwa surat tersebut bersifat valid.

Sekarang kita akan memperlajari surat dinas. Surat dinas merupakan sebuah surat yang berisi suatu informasi yang memiliki label kedinasan. Bila dicontohkan, satu dinas atau instansi mengirim surat kepada instansi lainnya maka surat tersebut termasuk kategori surat dinas. Adapun tujuan dari penulisan surat dinas, bisa bermacam-macam. Namun pada intinya, setiap dinas memerlukan surat dinas untuk melakukan koordinasi.

Berikut ini contoh surat dinas.

Rekomendasi Bloggersiana:
contoh surat dinas
Contoh Surat Dinas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat permohonan berdasarkan contoh di atas.

  1. Membuat kop surat

Kop surat merupakan judul besar yang berisikan judul surat, logo instansi pengirim, dan alamat instansi. Kop surat merupakan hal yang penting dalam format penulisan surat resmi.

  • Menyertakan identitas surat

Identitas surat berisikan nomor surat, lampiran surat, dan perihal yang ingin disampaikan di dalam surat. Tujuan dari penyertaan identitas surat ini adalah untuk memudahkan penerima surat dalam mengkaji surat tersebut.

  • Menyertakan titi mangsa

Titi mangsa merupakan tanggal dikeluarkannya surat dinas secara resmi. Terkadang pengeluaran dan pengiriman surat dinas berbeda waktunya. Namun untuk kita ketahui bahwa titi mangsa di sini adalah tanggal dikeluarkannya surat secara resmi dari instansi.

  • Membuat isi surat

Isi surat terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah bagian salam dan ucapan pembuka. Bagian kedua adalah pembahasan atau isi surat. Bagian ketiga adalah ucapan dan salam penutup.

  • Membuat identitas dan tanda tangan pengirim surat

Identitas pengirim surat sangat diperlukan dalam surat dinas. Dengan adanya identitas pengirim surat, penerima surat akan langsung memahami harus kepada siapa dia melakukan konfirmasi.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *