Keutamaan Mencintai Allah Berdasarkan Sunnah

Please log in or register to like posts.
keutamaan mencintai Allah

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel tentang keutamaan mencintai Allah berdasarkan sunnah Rasul saw. Sebagai seorang muslim, kita memiliki seorang suri tauladan sempurna yaitu baginda Nabi Muhammad saw. Oleh karena itu sangat pantas apabila dalam setiap perilaku kita merujuk pada perilaku Nabi Muhammad saw. Mari kita lihat beberapa riwayat yang menjelaskan tentang keutamaan mencintai Allah berdasarkan sunnah Rasul saw.

keutamaan mencintai allah

Keutamaan Mencintai Allah beserta Penjelasan

  1. Allah mengutamakan dan memberikan pahala bagi orang yang mencintai-Nya pada hari kiamat.
  2. Mencintai Allah merupakan salah satu sebab seorang hamba agar mendapatkan cinta-Nya.
Rekomendasi Bloggersiana:

Kedua poin keutamaan mencintai Allah diambil dari beberapa hadis Rasulullah saw berikut ini.

  • Hadis yang diterima dari Abu Hurairoh dan diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim

سبعة يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله إمام عادل وشاب نشأ في عبادة الله ورجل قلبه معلق بالمساجد ورجلان تحابا في الله اجتمعا عليه وتفرقا عليه ورجل دعته امرأة ذات حسن وجمال فقال إني أخاف الله ورجل تصدق بصدقة فأخفاها حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه ورجل ذكر الله خالياً ففاضت عيناه

Artinya:

Tujuh jenis orang yang akan mendapatkan teduhan dari Allah pada hari yang tidak ada tempat berteduh keculi teduhan-Nya: 1) pemimpin yang adil; 2) pemuda (dan pemudi) yang tumbuh dalam keadaan beribadah kepada Allah; 3) lelaki yang hatinya terkait ke mesjid; 4) dua orang (pria dan wanita) yang saling mencintai karena Allah, bersatu karena-Nya, dan berpisah karena-Nya; 5) lelaki yang diajak berzina oleh wanita yang cantik lalu ia berkata: Aku sangat takut kepada Allah; 6) lelaki (dan juga perempuan) yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkannya; 7) lelaki (dan juga perempuan) yang mengingat Allah dalam keadaan sepi sehingga tercucur air matanya.

Keutamaan Mencintai Allah Hubungan dengan hadis ini

Ketujuh poin yang merupakan golongan-golongan yang disebutkan di atas secara umum merupakan refleksi dari orang-orang yang mencintai Allah. Namun mari kita garis bawahi poin ke 4 yang mengkhususkan masalah cinta. Rasa cinta antara pria dan wanita merupakan sesuatu yang bersifat naluriah. Hubungan pria dan wanita merupakan hubungan yang diridloi oleh Allah dan Rasul-Nya jika berada dalam ikatan pernikahan.

Pada hadis ini disebutkan bahwa sepasang kekasih suami istri yang saling mencintai karena Allah merupakan salah satu golongan yang akan mendapatkan perlindungan Allah dari panasnya padang mahsyar. Fenomena dari suami istri yang saling mencintai karena Allah adalah keduanya saling mendukung dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah. Kemudian kebersamaan dan perpisahan antara mereka tidak menjadi lebih berharga dibandingkan Allah. Misalnya jika salah satu dari pasangan tersebut meninggal dunia, maka pasangan yang ditinggilkan akan bisa bersabar karena keimanannya kepada Allah. Dia akan meyakini bahwa berpisah dengan Allah lah yang merupakan hal berdosa dan perlu ditakuti.

  • Hadis yang diterima dari Abu Hurairoh dan diriwayatkan oleh Imam Muslim

إن الله تعالى يقول يوم القيامة: أين المتحابون بجلالي اليوم أظلهم في ظلي يوم لا ظل إلا ظلي

Artinya:

Sesungguhnya Allah taala berkata pada hari kiamat: Dimana orang-orang yang saling mencintai karena keaagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan tempat berteduh bagi mereka pada hari yang tidak ada tempat berteduh kecuali tempat berteduh-Ku.

Kandungan Hadis

Rasullah bersabda menceritakan tentang hal yang akan terjadi di hari kiamat. Pada hari kiamat, Allah akan mencari orang-orang yang saling mencintai karena-Nya lalu memberikan tempat berteduh bagi mereka. Karena pada hari kiamat tepatnya di hari mahsyar keadaannya sangat panas. Sehingga tidak akan ada orang yang bisa terlepas dari seram panasnya hari itu kecuali orang-orang yang mencintai dan dicintai Allah.

  • Diterima dari Muadz bin Jabal dan diriwayatkan oleh Imam Malik

وجبت محبتي للمتحابين في والمتجالسين في والمتزاورين في والمتباذلين في

Artinya:

Rasa cinta-Ku diwajibkan bagi orang-orang yang mencintai-Ku, orang-orang yang duduk (di majlis) karena-Ku, orang-orang yang saling berkunjung karena-Ku, dan orang-orang yang berlusuh karena-Ku.

Kandungan Hadis

Hadis di atas menjelaskan tentang orang-orang yang akan mendapatkan cinta dari Allah, yaitu ada 4 golongan.

  1. Orang-orang yang saling mencintai karena Allah
  2. Orang-orang yang duduk (di majlis) karena Allah
  3. Orang-orang yang bersilaturahmi karena Allah
  4. Orang-orang yang mencukupkan dunianya dan memaksimalkan ibadahnya karena Allah

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *