Berbohong yang Dibolehkan Berdasar Sunnah

Please log in or register to like posts.
Berbohong yang Dibolehkan

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel bahasan yang diberi judul berbohong yang dibolehkan. Sebagai seorang muslim, layaknya kita menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

Di antara tuntuan dari Nabi Muhammad saw untuk menjalani hidup ini adalah tuntunan berbohong yang dibolehkan. Hal ini dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim.

berbohong yang dibolehkan

Berbohong yang Dibolehkan

Rekomendasi Bloggersiana:

Berbohong itu dilarang dan termasuk ke dalam dosa-dosa besar. Namun dalam beberapa keadaan, berbohong itu bisa diperbolehkan. Yang menjadi alasan diperbolehkannya berbohong adalah apabila memungkinkan hadirnya kemaslahatan yang bersifat syariat. Misalnya mengislahkan hubungan suami istri, mengislahkan masyarakat, dan berbohong kepada musuh pada situasi peperangan.

Berbohong yang Dibolehkan: Dalil

لَيْسَ الْكَذَّابُ الَّذِي يُصْلِحُ بَيْنَ النَّاسِ فَيَنْمِي خَيْراً (أَيْ يَبْلُغُ خَيْراً) أَوْ يَقُوْلُ خَيْرًا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya: Bukanlah termasuk seorang pembohong; orang yang mengislahkan manusia lalu ia menyampaikan kata-kata yang baik. Muttafaq alaih

Sahabat Rasulullah yang menyampaikan hadits ini adalah Ummu Kultsum binti ‘Uqbah. Beliau menambahkan bahwa diantara keringan bagi seseorang berkata bohong adalah ada pada tiga keadaan. Tiga keadaan itu dijelaskan oleh Imam Muslim selaku salah satu perowi hadits ini adalah sebagai berikut.

  1. Situsi peperangan
  2. Mengislahkan masyarakat
  3. Mengislahkan rumah tangga

Penjelasan

Berbohong merupakan suatu penyampaian informasi yang tidak sesuai dengan faktanya. Di dalam Islam berbohong itu dilarang. Lebih lagi, berbohong juga termasuk ke dalam kategori dosa-dosa besar. Terdapat berbagai keterangan baik itu bersifat larangan atau pun bersifat berita yang menyatakan bahwa berbohong itu dilarang.

Namun terdapat sebuah dalil ushul di dalam agama Islam yang menyatakan bahwa menghindari kemadaratan harus lebih diutamakan dari pada mengambil kemasalahatan. Dalil lain menyatakan bahwa sifat darurat dapat membolehkan sesuatu yang asalnya dilarang. Berkaitan dengan dua dalil ushul tersebut, berbohong juga dapat diperbolehkan pada situasi tertentu.

Di antara hal yang memperbolehkan seseorang mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan faktanya (berbohong) adalah sebagai berikut.

  1. Diperbolehkan berbohong dengan cara menyampaikan yang baik kepada dua belah pihak untuk mengislahkan masyarakat yang berselisih.
  2. Dibolehkan berbohong untuk merukunkan rumah tangga antara suami dan istri.
  3. Diperbolehkan berbohong kepada musuh dalam kondisi peperangan atas nama Allah.

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *