Cara Membuat Kop Surat yang Baik dan Benar

Please log in or register to like posts.
cara membuat kop surat

Blogersiana.com – Di sini kita akan membahas tentang cara membuat kop surat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa salah satu komponen penyusunan surat. Kop surat ini merupakan judul besar surat yang disimpan di posisi paling atas pada surat.

Unsur-unsur Penyusun Surat

Sebuah surat memiliki unsur-unsur penyusunannya. Hal ini dapat diartikan bahwa sebuah surat harus tersusun dengan unsur-unsurnya. Tentunya kita tidak asing dengan kata titi mangsa, salam pembuka, identitas surat seperti nomor, perihal, dan lain sebagainya. Berikut ini unsur-unsur penyusun surat.

  1. Kop Surat
  2. Identitas Surat (nomor, perihal, lampiran)
  3. Titi mangsa
  4. Tujuan
  5. Salam Pembuka
  6. Isi Surat
  7. Salam Penutup
  8. Identitas pengirim surat
Rekomendasi Bloggersiana:

Poin-poin di atas merupakan unsur-unsur yang menyusun surat resmi atau dengan kata lain aturan penyusunan surat resmi. Sementara itu, surat pribadi tidak diharuskan terdiri dari unsur-unsur di atas melainkan memiliki aturan yang bebas disesuaikan dengan kebiasaan pengguna surat.

Pengertian Kop Surat

Apa yang dimaksud dengan kop surat? Kop surat merupakan judul surat. Kop surat biasanya terletak di atas posisi paling atas pada surat. Hal ini bertujuan agar si penerima surat dapat membaca terlebih dahulu judul surat yang terletak di posisi paling atas.

Kop surat berisi beberapa poin yang bisa mewakili surat itu sendiri. Di dalam kop surat tercantum nama lembaga pengirim surat beserta alamat lembaga tersebut. Jadi, si penerima surat akan langsung mengetahui dari mana surat tersebut berasal.

Cara Membuat Kop Surat

cara membuat kop surat

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kop surat merupakan judul besar surat yang terletak di posisi paling atas pada surat. Sebenarnya cara membuat kop surat yang akan dibahas di sini adalah kop surat pada microsoft word. Sebelum ini kita harus mengingat terlebih dahulu bahwa isi dari kop surat adalah nama lembaga atau instansi, logo, dan alamat lembaga atau instansi.

Berikut ini cara membuat kop surat pada microsoft word.

  1. Buka file baru microsoft word.
  2. Buka menu insert.
  3. Klik menu header.
  4. Tuliskan isi kop surat.
  5. Tambahkan garis tebal di bawahnya yang bisa kita dapatkan pada menu insert juga.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *