Dalil tentang Ghibah: Diharamkannya Ghibah

Please log in or register to like posts.
dalil tentang ghibah

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul dalil tentang ghibah diharamkannya ghibah. Sebagai seorang muslim, layak bagi kita untuk menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

dalil tentang ghibah

Dalil tentang Ghibah: Diharamkannya Ghibah

Ghibah termasuk salah satu dosa besar. Ghibah merupakan salah satu bentuk kemaksiatan yang banyak dilakukan orang-orang. Banyak orang menganggap remeh urusan ghibah, padahal ghibah merupakan salah satu sebab terjadinya permusuhan di antara umat manusia.

Rekomendasi Bloggersiana:

Dalil tentang Ghibah

Firman Allah swt di dalam surat al-Hujurot ayat 12

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman! Kalian harus menjauhi sering berprasangka karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain. Dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagiannya lagi. Apakah salah satu di antara kalian suka memakan daging saudaranya dalam keadaan bangkai? Padahal kalian membenci itu. Dan bertakwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang.

Hadits Nabi saw diterima dari Abu Hurairoh diriwayatkan oleh Imam Muslim

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَتَدْرُوْنَ مَا الْغِيْبَةُ؟ قَالُوْا: اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمُ قَالَ: ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يُكْرِهُ

Artinya:

Rasulullah saw bersabda: Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan ghibah? Para sahabat menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang tahu. Rasulullah saw berkata: (Ghibah adalah) kamu menyebutkan (tentang) saudara yang akan membuat dia benci.

Hadits Nabi saw diterima dari Abu Hurairoh diriwayatkan dari Imam Muslim

كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَعِرْضُهُ وَمُالُهُ

Artinya: Setiap muslim kepada muslim lainnya diharamkan untuk mengucurkan darah, mempermalukan kehormatannya, dan merampas hartanya.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *