Di antara Tanda-tanda Rasulullah SAW

Please log in or register to like posts.
di antara tanda-tanda rasulullah

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel tentang di antara tanda-tanda Rasulullah yang menegaskan bahwa beliau itu adalah Nabi yang membawa berita dari Allah dan Rasul yang membawa risalah dari Allah. Tanda-tanda atau bukti-bukti yang menunjukkan kenabian dan kerasulan Muhammad saw sangat lah banyak. Mu’jizat yang paling agungnya adalah kitab suci al-Qur’an.

Nabi Muhammad saw memiliki berbagai tanda yang menegaskan kenabian dan kerasulannya. Tanda-tanda ini akan menambah keimanan bagi siapa saja yang melihat dan mendengarnya. Di antara tanda-tanda tersebut adalah peristiwa terbelahnya bulan, tercucurnya air dari jari-jemarinya, dan merintihnya batang pohon kurma yang biasa dijadikan mimbar karena digantikan oleh mimbar lainnya.

di antara tanda-tanda rasulullah

Di antara tanda-tanda Rasulullah saw

Rekomendasi Bloggersiana:
  • Terbelahnya Bulan

Allah swt berfirman menjelaskan tentang peristiwa terbelahnya bulan di masa Nabi Muhammad saw di dalam al-Qur’an surat al-Qomar ayat 1.

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ

Artinya: Saat (hari kiamat) semakin dekat dan bulan pun terbelah

Banyak sekali riwayat yang menerangkan bahwa peristiwa terbelahnya bulan yang dikisahkan pada surat ini terjadi di masa Nabi Muhammad saw. Pada saat itu, bulan pernah terbelah menjadi dua. Hal ini menegaskan keterangan sebelumnya yakni semakin dekatnya hari kiamat.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pengutusan Nabi Muhammad merupakan dimulainya fase akhir zaman. Karena di dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad menjelaskan kepada sahabatnya mengenai dekatnya hari kiamat di saat masa kehidupan mereka.

Perihal hari kiamat, yang perlu kita yakini adalah bahwa kiamat itu telah ditentukan dan kita selaku umat Nabi Muhammad sedang berada di fase yang dekat dengan waktu hari kiamat. Namun tidak pantas bagi kita menyebutkan atau meyakini kapan tepatnya waktu hari kiamat. Karena Rasul pun hanya memberikan tanda-tandanya. Meskipun tandanya sudah mulai bermunculan, kita dilarang berspekulasi bahwa kiamat akan terjadi di tahun tertentu.

Peristiwa terbelahnya bulan ini juga menjadi tanda bagi Nabi Muhammad untuk mempertegas kenabian dan kerosulannya. Ibnu Mas’ud pernah bertutur:

انشق القمر على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم بشقين فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اشهدوا

Artinya: Bulan telah terbelah menjadi dua di masa Rasulullah saw. Kemudian Rasulullah saw bersabda: “saksikanlah oleh kalian (terbelahnya bulan).

Di dalam riwayat lain, Anas bin Malik juga pernah bertutur:

أن أهل مكة سألوا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يريهم آية فأراهم انشقاق القمر مرتين

Artinya: Para penduduk Makkah pernah menuntut kepada Rasulullah saw untuk diperlihatkan suatu tanda (kenabian dan kerasulan). Kemudia Rasul memperlihatkan kepada mereka peristiwa terbelahnya bulan dua kali.

Di antara tanda-tanda Rasulullah saw

  • Keluarnya Air dari Jari Rasulullah

Peristiwa keluarnya air dari jari-jemari Rasulullah saw terjadi pada saat perjanjian Hudaibiyah. Pada saat itu, para sahabat Nabi saw kekurangan air untuk minum dan juga untuk berwudlu. Ketika hal itu diketahui oleh Rasulullah saw., maka Rasul menyimpan tangannya di sebuah mangkuk kecil lalu niscaya keluarlah air dari jari-jemarinya. Air tersebut mencukupi kebutuhan minum dan berwudlu para sahabat yang jumlahnya mencapai 115 orang. Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

  • Merintihnya Batang Pohon Kurma

Pada permulaan Islam, Nabi Muhammad saw suka berkhutbah di atas dahan pohon kurma yang berdekatan dengan masjid. Beberapa saat kemudian, para sahabat membuatkan mimbar untuk Nabi Muhammad saw. sehingga Rasul tidak lagi berkhutbah di atas dahan pohon kurma.

Seketika dahan pohon kurma itu merintih seperti suara rintihan unta. Kemudian Rasul menyentuh dahan pohon kurma tersebut yang membuat dahan pohon kurma itu terdiam dari rintihannya.

Ketiga peristiwa di atas menjadi sebuah tanda yang menegaskan bahwa Muhammad itu merupakan Nabi dan Rasul Allah. Banyak sekali orang yang menyaksikan peristiwa tersebut dan menjadikan riwayat-riwayat ini terpercaya.

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *