Contoh Pengisian Format Penilaian Kinerja Guru Terupdate

Please log in or register to like posts.

Bloggersiana.com – Sudahkah Bapak/Ibu memiliki Contoh Pengisian Format Penilaian Kinerja Guru yang tentunya bisa digunakan sebagai tolak ukur dalam mengukur efektivitas pengajaran para guru di dalam kelas? Jika belum, pada artikel yang bloggersiana sajikan kepada Bapak/Ibu guru sekalian telah bloggersiana sediakan tautan yang bisa Bapak/Ibu gunakan untuk mengunduh berkas format penilaian kinerja guru atau disingkat PKG. Format penilaian kinerja guru sendiri merupakan salah satu manifestasi dari kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru agar menjadi lebih berintegritas dan profesional.

Pada umumnya, penilaian kinerja guru terdiri atas penilaian  formatif dan sumatif. Terhitung selama masa periode satu tahun pelajaran, pelaksanaan penilaian kinerja sekurang – kurangnya dilakukan sebanyak dua kali yakni awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Dalam kata lain, setiap semester guru dievaluasi kinerjanya. Oleh karena itu, bloggersiana berinisiatif untuk membagikan contoh format tersebut adalah agar efisiensi waktu yang digunakan guru dalam melakukan pengajaran dan kegiatan edukatif lainnya, tidak berkurang karena terhambat dalam penyusunan contoh format PKG.

Tidak ada salahnya sebelum Bapak/Ibu mengunduh contoh format penilaian kinerja guru tersebut, bloggersiana terangkan kembali sedikit mengenai esensi dari format PKG tersebut, bahwasannya penilaian kinerja guru tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 yang merujuk pada Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran tersebut mewajibkan guru mampu menguasai 24 kompetensi yang terpisah ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk meringankan penilaian dalam PK GURU, 24 kompetensi tersebut disimplifikasi menjadi 14 kompetensi dan 78 indikator sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

contoh pengisian format penilaian kinerja guru
Rekomendasi Bloggersiana:

Baiklah setelah bloggersiana berikan pemaparan seputar format pengisian PKG pada paragraf di atas, langsung saja kepada Bapak/Ibu untuk mengunduh contoh format penilaian kinerja guru terbaru ini pada tautan yang telah tersedia di bawah ini.

Unduh – Contoh Pengisian Format PKG

Silahkan kunjungi juga artikel terkait:

Contoh Sertifikat Pelatihan Format Word Terbaru

Bloggersiana akhiri dulu artikel pada kesempatan yang baik ini, semoga dengan apa yang bisa bloggersiana berikan mengenai contoh pengisian format PKG ini, bisa sedikit memberikan kontribusi kepada Bapak/Ibu yang disibukkan dengan rutinitas harian sebagai pendidik yang mengabdikan diri kepada negara di bidang edukasi.

Apabila dalam penulisan ini terdapat hal – hal yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, bloggersiana mohon maaf yang sebesar – besarnya dan jika Bapak/Ibu berkenan, mohon juga tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi masukan dan evaluasi bagi bloggersiana untuk penulisan artikel kedepan yang lebih baik. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan  lewatkan berkas – berkas administratif lainnya hanya di bloggersiana.com



Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *