Dalil tentang Saling Menyayangi dan Mengasihi

Please log in or register to like posts.
dalil tentang saling menyayangi

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel dalil tentang saling menyayangi yang berjudul tuntunan mengasihi semasam makhluk hidup. Sebagai seorang muslim, layaknya kita menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

Di antara tuntuan dari Nabi Muhammad saw untuk menjalani hidup ini adalah terdapatnya tuntunan mengasihi makhluk hidup. Mari kita pelajari keterangan-keterangan tentang tertawa dari Baginda Nabi Muhammad saw.

dalil tentang saling menyayangi

Dalil tentang Saling Menyayangi makhuk hidup

Rekomendasi Bloggersiana:

Agama Islam merupakan agama yang penuh kasih. Allah swt Maha Pengasih dan utusan-Nya pun yakni Nabi Muhammad saw juga orang yang penuh kasih. Nabi Muhammad bersama nabi-nabi lainnya memiliki sifat pengasih. Rasulullah saw juga mengajarkan umat manusia untuk saling mengasihi sesama makhluk.

Nabi Muhammad adalah manusia yang penyayang

Allah swt mengutus Nabi Muhammad saw untuk menyebarkan agama Islam. Salah satu sifat Nabi Muhammad dalam menjalankan agama Islam dan menyebarkan agama Islam adalah sifat kasih dan sayang. Hal ini dijelaskan oleh Allah di dalam al-Qur-an surat at-Taubah ayat 128.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya: Sungguh, telah datang kepada kaliann seorang Rasul dari bangsa kalian (manusia); berat terasa olehnya penderitaan yang kalian alami; sangat menginginkan (keimanan) bagi kalian; (dia) penyantun dan penyayang terhadap-orang-orang yang beriman.

Nabi Muhammad saw memiliki sifat penyayang. Namun sifat itu tidak hanya berlaku bagi beliau, melainkan Nabi Muhammad saw juga menganjurkan umat manusia untuk saling mengasihi antar sesama. Hal ini dijelaskan dalam haditsnya:

لَا يَرْحَمُ اللهُ مَنْ لَا يَرْحَمُ النَّاسَ

Artinya: Allah tidak akan menyayangi orang yang tidak menyayangi sesama manusia.

Dapat kita simpulkan bahwa agama Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Para pemuka agama Islam yaitu Nabi dan Rasul dimulai dari Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad memiliki sifat kasih sayang. Para pemeluknya pun dianjurkan dan diharuskan untuk memiliki sifat kasih dan sayang kepada sesama manusia.

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *