CARA DAFTAR UMKM ONLINE beserta penjelasan

Please log in or register to like posts.
CARA-DAFTAR-UMKM-ONLINE

Apa yang dimaksud dengan umkm?

Berikut ini adalah cara daftar umkm online yang jelas dan singkat disertai penjelas-penjelasan istilah dari UMKM itu sendiri.

UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Di dalam perekonomian Indonesia, UMKM ini merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah komunitas paling besar. Kelompok usaha UMKM ini sudah teruji tahan terhadap berbagai macam krisis ekonomi.

UMKM itu sendiri merupakan usaha dagang yang dikelola oleh suatu perusahaan atau perorangan yang berpedoman kepada usaha ekonomi produktif berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. UMKM ini merupakan sebuah kelompok usaha berdasarkan pada cakupan kuantitas yang menaungi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Rekomendasi Bloggersiana:
cara daftar umkm online

Lalu apa yang dimaksud dengan usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah?

Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha produktif yang dimiliki perseorangan atau dalam bentuk badan usaha yang berada di bawah naungan perusahan lain yang lebih besar serta sesuai dengan kriteria yang diatur oleh perundang-undangan.

Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha produktif yang dimiliki perseorangan secara keseluruhan dan bukan merupakan anak perusahaan lainnya serta sesuai dengan kriteria yang diatur oleh perundang-undangan.

Usaha Menengah

Usaha menengah adalah usaha produktif yang berdiri sendiri yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha tanpa ada keterikatan kepemilikan dengan perusahaan lain serta memiliki kekayaan di atas batas minimal usaha kecil sesuai dengan kriteria yang diatur oleh perundang-undangan.

Cara daftar umkm online

Berikut ini cara daftar umkm online.

  1. Buka halaman portal oss di google
  2. Kemudian log in atau sign up terlebih dahulu
  3. Kemudian setelah masuk, klik tombol perizinan berusaha
  4. Di laman selanjutnya klik perseorangan
  5. Di laman selanjutnya pilih usaha mikro atau usaha kecil

Setelah masuk ke laman pendaftara usaha mikro atau kecil akan ada beberapa formulir yang perlu kita isi. Di antara formulir tersebut adalah formulir data profil, formulir data usaha, dan formulir komitmen prasarana usaha.

Kita juga perlu mengetahui syarat-syarat agar bisa mendaftar BLT UMKM (Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Di antara syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki status kewarganeraan Republik Indonesia
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan
  3. Memiliki usaha yang ingin didaftarkan
  4. Bukan PNS, TNI/POLRI, pegawai BUMN atau BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan

Cara daftar UMKM secara online kurang lebih seperti cara-cara yang telah dijelaskan secara singkat di atas. Semoga Bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *