Ceramah singkat bersyukur: Mensyukuri Kehidupan

Please log in or register to like posts.

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul Ceramah singkat bersyukur: mensyukuri kehidupan. Sebagai seorang muslim, layak bagi kita untuk menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

ceramah singkat bersyukur

Ceramah singkat bersyukur

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Rekomendasi Bloggersiana:

الْحَمْدُ للهِ مُبَلِّغِ الرَّاجِي فَوْقَ مَأْمُوْلِهِ وَمُعْطِي السَّائِلِ زِيَادَةً عَلَى مَسْؤُوْلِهِ أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ حَازُوا قَصَبَ السَّبْقِ فِي فُرُوْعِ الدِّيْنِ وَأُصُوْلِهِ أَمَّا بَعْدُ

Para hadirin yang saya hormati. Ibu-ibu dan bapa-bapa yang sama-sama mengaharap rahmat Allah swt. Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah, sangat tidak pantas bagi kita makhluk yang begitu lemah untuk berlaku sombong di muka bumi ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda alam, Nabi Muhammad saw. Juga kepada keluarganya, para sahabatnya, serta mudah-mudahan sampai kepada kita selaku umatnya.

Para hadirin yang saya hormati. Kehidupan kita di dunia ini dipenuhi dengan ni’mat dan juga ujian dari Allah. Perihal ni’mat-Nya, Allah swt berfirman di dalam surat an-Nahl ayat 18.

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا

Artinya: Dan jika kalian menghitung ni’mat Allah, maka kalian tidak akan bisa menghitungnya.

Para hadirin yang saya hormati. Sebagai seorang manusia kita sering lupa terhadap ni’mat Allah dan selalu teringat akan ujiannya. Hal ini bisa ditemui jika kita terlalu gembira apabila mendapatkan kesenangan dan berlarut dalam kesedihan apabila kita mendapatkan musibah. Hal ini jelas ditegaskan di dalam al-Qur’an surat al-Hadid ayat 23.

لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ

Artinya: Agar kalian tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kalian dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepada kalian.

Para hadirin yang saya hormat. Salah satu tuntunan Rasul untuk bekal hidup kita dalam menjalani manis pahitnya hidup ini tertera dalam hadits-Nya. Rasulullah saw bersabda:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ لِأَحَدٍ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ فَشَكَرَ اللَّهَ فَلَهُ أَجْرٌ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ فَصَبَرَ فَلَهُ أَجْرٌ فَكُلُّ قَضَاءِ اللَّهِ لِلْمُسْلِمِ خَيْرٌ

Artinya: Suatu keajaiban untuk urusan orang mu’min. Sungguh semua urusannya itu dipenuhi kebaikan. Dan hal itu hanya diperuntukkan kepada orang mu’min. Jika dia diberikan kesenangan kemudian dia bersyukur kepada Allah maka dia akan mendapatkan pahala. Dan jika dia ditimpa musibah lalu dia sabar maka dia akan mendapatkan pahala juga. Maka setiap ketetapan Allah untuk seorang muslim itu pastilah mengandung kebaikan.

Para hadirin yang saya hormati. Dapat disimpulkan bahwa rumus hidup itu ada dua. Yang pertama bersyukur dan yang kedua bersabar. Insya Allah jika kita dapat berjalan di dalam tuntunan Rasulullah, maka kita akan senantiasa mendapatkan kebaikan.

Untuk kesempatan kali ini dicukupkan sekian. Permintaan kita kepada Allah hanyalah agar selalu diberikan taufik dan hidayahnya. Aamiin.

هَدَانَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ أَجْمَعِيْنَ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sekian saja artikel tentang ceramah singkat bersyukur ini, semoga bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *