Cara Menjadi Penulis Blog

Please log in or register to like posts.
cara menjadi penulis blog

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul “cara menjadi penulis blog”. Menjadi seorang penulis merupakan impian banyak orang. Karena dengan menulis, kita dapat mengekspresikan banyak hal di dalam pikiran kita. Penulis bisa menjadi sebuah hobi dan profesi. Dan merupakan sebuah keberuntungan bagi orang yang mendapatkan keduanya yaitu memiliki hobi dan profesi sebagai penulis.

Macam-macam Penulis Berdasarkan Profesi

Selain menjadi suatu hobi, menulis bisa juga menjadi sebuah profesi. Profesi merupakan kegiatan seseorang sebagai misi pengabdiannya dalam menjalani kehidupan. Kebanyakan di antara berbagai macam profesi merupakan kegiatan keseharian yang bisa menghasilkan suatu imbalan. Maka dari itu profesi dan diartikan sebagai suatu pekerjaan.

Jika ditinjau dari segi profesi, seorang penulis dapat dibagi menjadi dua jenis.

Rekomendasi Bloggersiana:
  • Penulis Tetap

Penulis tetap merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis dan memiliki ikatan tetap dengan suatu lembaga atau perusahaan untuk mempublikasikan tulisannya. Seorang penulis tetap biasanya memiliki hubungan atau berafiliasi sebagai dengan perusahaan publikasi berita.

Seorang penulis tetap di perusahaan berita biasanya akan memiliki kontrak kerja yang ditentukan. Jadi dia tidak menjual tulisannya kepada pihak lain melainkan bekerja berdasarkan kontrak. Begitu pula dengan penulis buku yang sudah veteran dan mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang penulis.

  • Penulis Lepas

Penulis lepas juga merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis namun tidak memiliki ikatan yang ditetapkan dengan suatu lembaga afiliasinya. Seorang penulis lepas bisa menuliskan sebuah berita dan menjualnya kepada perusahaan berita atau menuliskan sebuah penelitian dan pengetahuan dan dikerjasamakan dengan sebuah lembaga.

Dengan kata lain jika kita adalah seorang penulis lepas, maka kita tidak bekerja dengan orang lain melainkan berbisnis dengan orang lain. Seorang penulis lepas bekerja untuk dirinya sendiri tanpa ada tuntutan seperti orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga.

Macam-macam Penulis Berdasarkan Objek Tulisannya

Penulis adalah seseorang yang menuliskan sesuatu. Berdasarkan objek tulisannya, seorang penulis dapat dikategorikan menjadi 3 macam.

  • Penulis Buku

Penulis buku merupakan seseorang yang mengekspresikan buah pikirnya dalam bentuk tulisan yang dimuat di buku. Biasanya seorang penulis buku memiliki kecenderungan untuk menulis sebuah pengetahuan atau penelitian di dalam buku.

  • Penulis Berita

Penulis berita merupakan seseorang yang menuliskan sebuah berita yang terjadi di kenyataan untuk disebarkan kepada khalayak ramai demi kepentingan yang baik. Seorang penulis berita harus lah menuliskan berita yang up-to date atau berita yang sedang ramai dan baru saja terjadi. Tulisan beritanya bisa dia berikan kepada perusahaan pers atau wartawan untuk selanjutnya dipublikasikan.

  • Penulis Blog

Penulis blog merupakan seseorang yang berkarya di situs internet. Blog tersebut akan mempublikasikan tulisannya ke google kemudian orang-orang bisa membacanya. Menjadi penulis blog juga merupakan salah satu hobi yang diminati banyak orang. Karena dia bisa menulis dan mempublikasikannya dengan mudah.

Bagaimana cara menjadi penulis blog?

cara menjadi penulis blog

Untuk menjadi seorang penulis blog tidak lah sulit. Sudah orang yang memberikan tata cara menulis di blog. Secara singkat dapat dikatakan cara menulis di blog adalah kita harus membuat blog terlebih dahulu kemudian mulai lah menulis.

Namun terdapat beberapa hal yang mesti kita pelajari seperti cara membuat blog, cara menulis di blog, cara membuat blog kita terkenal, dan cara mendapat uang dari blog. Mungkin saja tulisan ini akan mengarah kepada pembicaraan tersebut.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *