Kewajiban Berlaku Adil Bersedekah kepada Anak

Please log in or register to like posts.
kewajiban berlaku adil

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel tentang kewajiban berlaku adil dalam bersedekah kepada anak. Seorang anak merupakan penerus dan juga pewaris umat manusia. Maka dari itu, kita harus mendidikan anak-anak kita dan generasi mudanya sesuai dengan akhlak anak dalam Islam yang diajarkan oleh Rasulullah.

Kewajiban berlaku adil kepada anak-anak kita

kewajiban berlaku adil

Adil merupakan salah satu sifat yang mesti dimiliki oleh setiap manusia. Adil tidak hanya dwajibkan bagi seorang pemimpin, melainkan setiap jiwa harus memiliki sifat adil. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat an-Nahl ayat 90.

Rekomendasi Bloggersiana:

Allah berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِا لْعَدْلِ وَا لْاِ حْسَا نِ

Artinya:

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan”

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa berlaku adil itu diperintahkan kepada setiap orang. Termasuk di dalamnya adalah orang tua kepada anak-anaknya. Dalam suatu hadis, Nu’man bin Basyir pernah berkisah:

عن النعمان بن بشير رضي الله عنهما قال: تصدق علي أبي ببعض ماله، فقالت أمي: لا أرضى حتى تشهد رسول الله صلى الله عليه وسلم، فانطلق أبي إلى النبي صلى الله عليه وسلم ليشهده على صدقتي، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم: “أفعلت هذا بولدك كلهم؟ “قال: لا، قال: “اتقوا الله واعدلوا في أولادكم، فرجع أبي فرد تلك الصدقة

Artinya: Diterima dari an-Nu’man bin Basyir ra, Beliau berkata: “Ayahku menyedekahkan sebagian hartanya kepadaku. Kemudian Ibuku berkata: “Aku tidak meridloi (sedekahmu) sampai Rasulullah saw bersaksi (atas sedekah itu). Lalu Ayahku pergi menemui Nabi saw agar beliau bersaksi atas sedekahnya. Kemudian Rasulullah saw berkata kepada Ayahku: “Apakah Engkau melakukan hal ini kepada seluruh anak-anakmu?”. Ayahku menjawab: “Tidak”. Rasulullah saw berkata lagi: “Bertakwalah kalian kepada Allah dan berlaku adil-lah kepada anak-anak kalian!”. Kemudian Ayahku pulang dan mengambil kembali sedekahnya.

Hadis ini menjelaskan kepada kita beberapa hal:

  1. Bersedekah itu perilaku yang baik
  2. Diperbolehkan bersedekah kepada anak
  3. Harus berlaku adil dalam setiap meskipun dalam bersedekah kepada anak

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *