Cara Menjadi Penulis Lepas

Please log in or register to like posts.
Cara Menjadi Penulis Lepas

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul “cara menjadi penulis lepas”. Menjadi seorang penulis merupakan impian banyak orang. Karena dengan menulis, kita dapat mengekspresikan banyak hal di dalam pikiran kita. Penulis bisa menjadi sebuah hobi dan profesi. Dan merupakan sebuah keberuntungan bagi orang yang mendapatkan keduanya yaitu memiliki hobi dan profesi sebagai penulis.

Macam-macam Penulis Berdasakan Objek

Penulis merupakan seseorang yang berkegiatan dan juga memiliki keterampilan dalam menulis. Menulis itu sendiri merupakan kegiatan menuangkan pokok pikiran dalam bentuk tulisan. Dan sekarang ini tulisan itu memiliki ragam dan bentuk yang bervariasi. Berikut ini adalah macam-macam penulis berdasarkan objek tulisannya.

  1. Penulis Novel
  2. Penulis Buku
  3. Penulis Wattpad
  4. Penulis Blog
  5. Penulis Cerpen
Rekomendasi Bloggersiana:

Macam-macam Penulis Berdasarkan Profesi

Selain menjadi suatu hobi, menulis bisa juga menjadi sebuah profesi. Profesi merupakan kegiatan seseorang sebagai misi pengabdiannya dalam menjalani kehidupan. Kebanyakan di antara berbagai macam profesi merupakan kegiatan keseharian yang bisa menghasilkan suatu imbalan. Maka dari itu profesi dan diartikan sebagai suatu pekerjaan.

Jika ditinjau dari segi profesi, seorang penulis dapat dibagi menjadi dua jenis.

  • Penulis Tetap

Penulis tetap merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis dan memiliki ikatan tetap dengan suatu lembaga atau perusahaan untuk mempublikasikan tulisannya. Seorang penulis tetap biasanya memiliki hubungan atau berafiliasi sebagai dengan perusahaan publikasi berita.

  • Penulis Lepas

Penulis lepas juga merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis namun tidak memiliki ikatan yang ditetapkan dengan suatu lembaga afiliasinya. Seorang penulis lepas bisa menuliskan sebuah berita dan menjualnya kepada perusahaan berita atau menuliskan sebuah penelitian dan pengetahuan dan dikerjasamakan dengan sebuah lembaga.

Cara Menjadi Penulis Lepas

cara menjadi penulis lepas

Untuk menjadi seorang penulis lepas, kita harus menentukan terlebih dahulu dimana kita akan menulis. Tersedia beberapa pilihan untuk profesi penulis lepas yang didasarkan pada beberapa kategori.

  • Jalur Publikasi Tulisan

Untuk jalur publikasi tulisan, terdapat dua jalur yang bisa kita pilih yaitu jalur daring (online) dan jalur luring (offline).

  • Jenis Tulisan

Untuk jenis tulisannya, terdapat dua jenis yang bisa kita pilih yaitu jenis berita dan jenis tips, pengetahuan, atau tata cara.

Setelah kita menentukan kategori di atas, kita bisa memulainya dengan mempraktikkannya.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *