Cara Menjadi Penulis Cerpen

Please log in or register to like posts.
Cara Menjadi Penulis Cerpen

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul “cara menjadi penulis cerpen”. Menjadi seorang penulis merupakan impian banyak orang. Karena dengan menulis, kita dapat mengekspresikan banyak hal di dalam pikiran kita. Penulis bisa menjadi sebuah hobi dan profesi. Dan merupakan sebuah keberuntungan bagi orang yang mendapatkan keduanya yaitu memiliki hobi dan profesi sebagai penulis.

Macam-macam Penulis Berdasarkan Profesi

Selain menjadi suatu hobi, menulis bisa juga menjadi sebuah profesi. Profesi merupakan kegiatan seseorang sebagai misi pengabdiannya dalam menjalani kehidupan. Kebanyakan di antara berbagai macam profesi merupakan kegiatan keseharian yang bisa menghasilkan suatu imbalan. Maka dari itu profesi dan diartikan sebagai suatu pekerjaan.

Jika ditinjau dari segi profesi, seorang penulis dapat dibagi menjadi dua jenis.

Rekomendasi Bloggersiana:
  • Penulis Tetap

Penulis tetap merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis dan memiliki ikatan tetap dengan suatu lembaga atau perusahaan untuk mempublikasikan tulisannya. Seorang penulis tetap biasanya memiliki hubungan atau berafiliasi sebagai dengan perusahaan publikasi berita.

Seorang penulis tetap di perusahaan berita biasanya akan memiliki kontrak kerja yang ditentukan. Jadi dia tidak menjual tulisannya kepada pihak lain melainkan bekerja berdasarkan kontrak. Begitu pula dengan penulis buku yang sudah veteran dan mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang penulis.

  • Penulis Lepas

Penulis lepas juga merupakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis namun tidak memiliki ikatan yang ditetapkan dengan suatu lembaga afiliasinya. Seorang penulis lepas bisa menuliskan sebuah berita dan menjualnya kepada perusahaan berita atau menuliskan sebuah penelitian dan pengetahuan dan dikerjasamakan dengan sebuah lembaga.

Dengan kata lain jika kita adalah seorang penulis lepas, maka kita tidak bekerja dengan orang lain melainkan berbisnis dengan orang lain. Seorang penulis lepas bekerja untuk dirinya sendiri tanpa ada tuntutan seperti orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga.

Menjadi Penulis Cerpen

cara menjadi penulis cerpen

Jika merujuk kepada paragraf sebelumnya yang menjelaskan tentang macam-macam penulis berdasarkan profesi, maka menjadi penulis cerpen bisa masuk pada kategori keduanya. Jika ingin menjadikan penulis cerpen sebuah profesi, kita bisa menjadi penulis lepas cerpen dan bisa juga menjadi penulis tetap cerpen. Keduanya menguntungkan dan bisa menjadi profit yang lumayan menjanjikan.

Cerpen merupakan akronim dari cerita pendek. Seseorang yang memiliki imajinasi yang bagus atau yang bisa merangkai kata yang bagus maka dia bisa menjadi penulis cerpen yang baik. Untuk menjadi seorang penulis cerpen, seseorang tersebut harus:

  1. Menyukai cerpen,
  2. Sering membaca cerpen di buku atau pun di internet,
  3. Meluangkan waktu di setiap harinya untuk menuliskan apa yang ia alami, apa yang ia lihat, dan atau apa yang ia pikirkan menjadi sebuah cerita.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *