Cara Menjadi Penulis Buku

Please log in or register to like posts.
cara menjadi penulis buku

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul “cara menjadi penulis buku”. Menjadi seorang penulis merupakan impian banyak orang. Karena dengan menulis, kita dapat mengekspresikan banyak hal di dalam pikiran kita. Penulis bisa menjadi sebuah hobi dan profesi. Dan merupakan sebuah keberuntungan bagi orang yang mendapatkan keduanya yaitu memiliki hobi dan profesi sebagai penulis.

Kriteria Seorang Penulis

Menjadi seorang penulis itu gampang gampang susah. Menjadi seorang penulis disebut gampang karena kegiatan menulis merupakan kegiatan sederhana yang tidak memerlukan banyak aksi yang konkret. Melainkan aksi dalam kegiatan menulis lebih didominasi oleh aksi yang bersifat abstrak.

Menjadi seorang penulis juga disebut susah karena kegiatan menulis memerlukan konsentrasi yang sempurna. Konsentrasi yang dibutuhkan oleh seorang penulis bersumber dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah konsentrasi seorang penulis yang bersumber dari suasana hati dan pikirannya serta kesehatan jasmaninya. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kondisi di sekeliling penulis yang harus memberikan kenyamanan dan dukungan bagi penulis untuk meningkatkan konsentrasi.

Rekomendasi Bloggersiana:

Macam-macam Penulis

Penulis merupakan seseorang yang berkegiatan dan juga memiliki keterampilan dalam menulis. Menulis itu sendiri merupakan kegiatan menuangkan pokok pikiran dalam bentuk tulisan. Dan sekarang ini tulisan itu memiliki ragam dan bentuk yang bervariasi. Berikut ini adalah macam-macam penulis berdasarkan objek tulisannya.

  1. Penulis Novel
  2. Penulis Buku
  3. Penulis Wattpad
  4. Penulis Blog
  5. Penulis Cerpen

Dari beberapa macam penulis di atas yang akan kita bahas di sini adalah cara menjadi penulis buku. Bagaimana cara menjadi penulis buku? Mari simak kelanjutannya.

Belajar Menjadi Penulis Buku

cara menjadi penulis buku

Buku merupakan sekumpulan lembaran kertas yang biasa digunakan oleh seseorang untuk menuliskan sesuatu atau menggambarkan sesuatu. Secara umum, buku dibagi menjadi dua jenis yaitu buku tulis dan buku bacaan.

Semua orang bisa menjadi seorang penulis. Seorang pelajar, seorang dosen, seorang guru, seorang ustadz, seorang pedagang, kesemuanya itu bisa menjadi seorang penulis. Asalkan dia memiliki tekad dan menyempatkan waktu untuk menulis. Karena tekad dan waktu luang menjadi dua hal yang pokok untuk seseorang menjadi penulis.

Jika seseorang ingin menjadi penulis buku, maka dia perlu hal-hal berikut ini.

  1. Memiliki suatu pengetahuan untuk dituliskan
  2. Menguasi keterampilan dasar microsoft word
  3. Mempelajari tata bahasa Indonesia
  4. Memulai menulis dengan skema gagasan pokok dan gagasan pengembang

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *