Contoh Format Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Please log in or register to like posts.
Artikel
Contoh Format Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Bloggersiana.com –  Sudahkah Bapak/Ibu memiliki Contoh Format Penilaian Autentik Kurikulum 2013 untuk digunakan sebagai standar pokok penilaian yang melibatkan berbagai aspek sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 dan Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013? Jika belum, pada kesempatan kali ini bloggersiana akan sedikit memberikan kontribusi kepada Bapak/Ibu melengkapi berkas administrasi contoh format penilaian autentik K13.

Contoh Format Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Sebelum menuju pada tautan unduh, bloggersiana jelaskan dulu sedikit mengenai contoh format penilaian autentik kurikulum 2013 yang  akan Bapak/Ibu unduh. Secara garis besar contoh format penilaian autentik kurikulum 2013 dirancang untuk menyelaraskan sistem  penilaian yang berlaku pada sistem pendidikan K13 yang mencangkup sikap, keterampilan, pengetahuan berdasarkan proses dan hasil. Oleh karena itu, setiap guru diharapkan secara terukur mampu memberikan penilaian terhadap siswa yang dinilai memenuhi beberapa aspek yang sebagaimana disebutkan.

Jika dijabarkan secara menyeluruh, penilaian autentik tersebut bisa digambarkan seperti apa yang bloggersiana sampaikan berikut:

Rekomendasi Bloggersiana:
  1. Penilaian harus terfokus pada parameter sebagaimana yang tertulis pada KI (Kompentensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) pada RPP
  2. Penilaian harus berdasarkan pada kriteria peserta didik yang telah melewati proses pembelajaran
  3. Sistem yang digunakan harus sistem yang berkelanjutan, atau dalam kata lain pencangkupan  semua indikator yang akan dianalisis berdasarkan kemampuan siswa dalam mencapai KD.
  4. Memberlakukan program remedial bagi siswa yang belum memenuhi kriteria dan program pengayaan bagi siswa yang menuntaskan kriteria.
  5. Penilaian juga harus sesuai dengan proses  pembelajaran yang dilakukan oleh siswa.

Baik, setelah melalui penjelasan yang cukup singkat mengenai contoh format penilaian autentik kurikulum 2013 di atas, kini saatnya Bloggersiana sertakan tautan yang bisa Bapak/Ibu unduh pada paragraf di bawah.

Unduh – Contoh format penilaian autentik k13

Sekian dulu artikel  yang bloggersiana sampaikan terkait berkas administratif format penilaian autentik k13 kepada Bapak/Ibu guru, semoga apa yang disampaikan pada artikel ini bisa sedikit memberikan keringanan atau kemudahan Bapak/Ibu dalam hal ketersedian berkas – berkas pendidikan. Besar harapan bloggersiana kepada Bapak/Ibu  untuk terus semangat dan amanah dalam menjalankan pengabdian kepada pendidikan Indonesia dalam mencetak generasi bangsa yang  unggul dan kompeten.

Jika dalam penulisan artikel kali ini terdapat kata maupun kalimat yang sekiranya kurang berkenan di mata Bapak/Ibu, mohon sekiranya dibukakan pintu maaf yang seluas – luasnya dan mohon juga tinggalkan kritik dan saran untuk menjadi masukan dan evaluasi bagi bloggersiana untuk penulisan artikel kedepan yang lebih baik. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan  lewatkan berkas – berkas administratif lainnya hanya di bloggersiana.com

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *