Dalil Malu sebagian dari Iman

Please log in or register to like posts.
Dalil Malu sebagian dari Iman

Bloggersiana.com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah artikel yang berjudul dalil malu sebagian dari iman perintah memiliki rasa malu. Sebagai seorang muslim, layak bagi kita untuk menjadikan firman Allah dan sunnah Rasul-Nya sebagai panduan hidup. Tentunya kita tahu bahwa kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini. Allah swt juga telah memberitahukan bahwa kita nanti akan hidup kekal di akhirat. Orang yang beramal baik akan mendapatkan tempat yang baik. Sedangkan orang yang beralam buruk akan mendapatkan tempat yang buruk.

dalil malu sebagian dari iman

Dalil Malu sebagian dari Iman: Perintah Memiliki Rasa Malu

Memiliki rasa malu merupakan sebagian dari iman. Karena rasa malu tersebut akan membuat seseorang melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan. Kita tahu bahwa ketika seseorang melakukan hal baik maka dia akan dikenal sebagai orang baik. Namun ketika seseorang melakukan keburukan maka dia akan dikenal sebagai orang yang buruk atau jelek. Seorang manusia yang normal akan memiliki rasa malu sehingga dia tidak ingin dikenal sebagai orang yang buruk atau jelek.

Rekomendasi Bloggersiana:

Dalil Malu sebagian dari Iman: Tauladan

Nabi Muhammad saw merupakan suri tauladan bagi umat manusia. Salah satu kisah diceritakan oleh Ibnu Umar bahwa suatu ketika Rasulullah saw melewati seorang sahabat dari kalangan Ansor yang sedang menasehati saudaranya agar memiliki rasa malu. Kemudian Rasulullah menyela sahabat Ansor tersebut dengan mengatakan, “Biarkan dia, sesungguhnya rasa malu itu sebagian dari iman”.

Dari kisah Ibnu Umar di atas dapat kita mengerti bahwa untuk menumbuhkan rasa malu itu tidak semudah kita memerintahkan orang agar memiliki rasa malu. Hal ini dikarenakan rasa malu itu adalah sebagian dari iman yang mana rasa malu dan iman sumbernya dari hati. Maka untuk mengolah hati kita harus melakukan hal-hal baik dan menjauhi hal-hal jahat. Dengan begitu, kualitas hati kita akan membaik dan akan menumbuhkan rasa malu yang merupakan sebagian dari iman.

Rasa Malu akan Berakibat Kebaikan

Jika seseorang memiliki rasa malu maka hal itu akan memberikan suatu kebaikan baginya. Perlu diingat bahwa rasa malu yang benar adalah rasa malu yang membuat seseorang akan melakukan suatu kebaikan dan menjauhi suatu keburukan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah di dalam haditsnya:

الْحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ

Artinya: Rasa malu itu tidak akan mendatangkan apa pun kecuali kebaikan.

Semoga bermanfaat.

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *