9 Contoh Format Excel Stok Barang (excel Pdf Word)

9 Contoh Format Excel Stok Barang (excel Pdf Word) – You are here: M Jurnal » Analisis data Excel » Formulir Excel, cara tercepat memasukkan data di Excel Cara tercepat memasukkan data ke formulir Excel, cara tercepat memasukkan data di Excel

Mengisi formulir data di Excel sangat membantu proses entri data. Apalagi jika Anda memiliki tabel dengan banyak kolom.

9 Contoh Format Excel Stok Barang (excel Pdf Word)

Anda juga dapat menggunakan Formulir Data di Excel untuk menambahkan, mengedit, dan menghapus baris data melalui formulir entri data.

Bagaimana Menghitung Persentase Dalam Excel Dengan Formula

1. Untuk menggunakan fungsi Excel online, klik ikon layar penuh di sisi kanan file online Excel di bawah ini.

2. Untuk mengunduh file, klik ikon unduh (desain kertas dengan panah ke bawah) di baris sudut kanan File Online Excel di bawah ini.

3. Jika ada link download atau error Excel Online, beri tahu kami di kolom komentar (terima kasih).

Sop Perusahaan Minimarket Retail Moderen Lengkap Dengan Flowchart Jobdesc Panduan Standardisasi Toko Sop Ritel Modern

Catatan: File Excel online di atas berisi data barang yang dibeli, yang meliputi kolom berikut: ID Pesanan, Tanggal, Barang, Vendor, Bulan, Tahun, Kuartal, Kuantitas, Harga, dan Total.

Urutan ID kolom, bulan dan tahun dengan rumus dan fungsi Excel. Sedangkan kolom lainnya dimasukkan secara manual. Formulir entri data di Excel hanya tersedia untuk kolom yang tidak menggunakan rumus atau fungsi.

Gunakan juga fitur Format Table Named pada tabel. Untuk data yang menggunakan properti format tabel, Anda bisa menggunakan properti format input data.

Contoh Laporan Pembelian Barang Excel

Namun, untuk memfasilitasi analisis data lebih lanjut, seperti menggunakan rumus/fungsi, bagan, PivotTable, atau Power Pivot, sebaiknya gunakan format tabel bernama.

Penting! Jika Anda tidak tahu cara membuat format tabel bernama, ikuti panduan tentang cara membuat tabel jurnal Excel M.

Pertama, Anda akan mempelajari cara menggunakan formulir untuk mengambil data berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, Anda mengambil data berdasarkan kriteria berikut:

Menampilkan Dua File Excel Atau Lebih Secara Bersamaan Dalam Satu Layar Komputer Dengan Menu View Side By Side

Anda dapat mengklik Temukan Berikutnya untuk mencari data berikutnya dan klik Temukan Sebelumnya untuk menemukan data sebelumnya berdasarkan kriteria.

Misalnya, mari kita edit data yang terakhir dimasukkan. Satu-satunya data yang akan saya ubah adalah kolom vendor, sumber mata pencaharian toko kelontong. Untuk mengedit data Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Misalnya, mari kita hapus dengan ID pesanan PEM-43036. ID Pesanan adalah kolom unik. Kolom tersebut tidak memiliki nilai yang sama.

Aplikasi Laporan Penjualan Dengan Macro Excel

Jadi pengambilan data dengan ID pesanan hanya menampilkan 1 baris data. Untuk menghapus data menggunakan formulir, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Menggunakan format tabel bernama memberikan beberapa manfaat seperti pembaruan data tabel pivot, rumus/fungsi terstruktur, dll.

Lalu refresh data dalam laporan PivotTable (lihat Lembar PivotTable di Excel Online). Excel secara otomatis menambahkan data baru ke laporan PivotTable. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Inventaris Di Excel (dengan Gambar)

Berbeda jika Anda tidak menggunakan tipe tabel bernama. Seperti sebelumnya, Anda harus mengubah PivotTable Data Sumber Daya secara manual dengan memilih rentang data.

Keuntungan format tabel bernama dalam rumus/fungsi adalah Anda dapat membuat struktur rumus lebih mudah dikenali.

Misalnya, mari buat dua kolom baru bernama diskon 10% tepat di sebelah kolom Total. Diskon 10% untuk total pembelian Rp 4.000.000 atau lebih. Anda dapat menggunakan rumus/fungsi IF.

Excel Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Penting! Untuk semua informasi tentang rumus/fungsi IF, lihat panduan lengkap tentang cara menggunakan rumus/fungsi IF.

Struktur rumus IF adalah sebagai berikut: =IF(Purchase_Table[@TOTAL]>=4000000, 10%*Purchase_Table[@TOTAL], 0). Argumen Table_Pembelian[@TOTAL] dibuat dalam fungsi. Artinya data yang digunakan terdapat dalam sebuah tabel bernama Table_Pembelian pada kolom total.

Itulah gunanya panduan ini. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang data formulir Excel Anda, silakan tulis di bagian komentar. Untuk informasi selengkapnya tentang Excel, kunjungi Pusat Bantuan Majalah Excel M.

Cara Untuk Membandingkan Data Di Dalam Excel

Catatan: Kami telah mengatur Pusat Pembelajaran Microsoft Excel menjadi 4 level (Dasar, Rumus/Fungsi, Analisis Data, dan VBA). Setiap level memiliki bab dan sub-bab untuk dipelajari. Gunakan pintasan Pusat Panduan Microsoft Excel berikut ini:

Beri saya secangkir kopi untuk begadang untuk membantu Anda membuat konten panduan berkualitas dan memecahkan masalah. Laporan meliputi informasi tentang barang masuk, barang keluar dan saldo akhir. Informasi ini memungkinkan Anda untuk menganalisis sirkulasi barang inventaris. Semakin tinggi jumlah produk, semakin tinggi omset produk. Anda harus memiliki sistem atau aplikasi untuk menghasilkan laporan persediaan. Sistem yang kami bangun menggunakan Excel. Karena menurut kami Excel paling banyak digunakan oleh orang-orang. Sistem ini sangat sederhana, tetapi cukup untuk menghasilkan laporan persediaan, termasuk informasi tentang barang masuk, barang keluar dan persediaan akhir. Metode penetapan biaya yang digunakan menggunakan sistem biaya rata-rata, yaitu sistem yang menghitung berdasarkan biaya persediaan awal dan biaya yang dikeluarkan. Jika kita menggambarkannya sebagai rumus: nilai hpp juga digunakan untuk hpp penerbitan (penjualan) dan hpp stok penutupan. 2

3 Cara menggunakan program inventori Menggunakan program inventori ini sangat mudah karena sistem yang dibangun sangat sederhana. Beberapa halaman pendek ini akan memberi Anda pemahaman dan penerapan yang baik. 1. Pertama, masukkan ID Anda di tab “Menu”. – Nama Perusahaan – Laporan Bulan – Tahun misal PT. Media Komputer membuat laporan inventaris berdasarkan transaksi inventaris Januari Berdasarkan informasi ini, tab “Menu” diisi dengan 3 angka.

Ak040 Aw Xl ◉ Aplikasi Stok Barang Multi Gudang

2. Pada langkah selanjutnya, siapkan daftar produk dengan kode produk, nama produk, unit dan biaya produk. Misalnya PT. Media Computama mencantumkan produk berikut berdasarkan inventaris produk per 31 Desember 2006. Berdasarkan data ini, masukkan kode barang dan nama barang seperti yang ditunjukkan di bawah ini di tab “Daftar”. 4

5 Tambahkan data pada kolom Stock Limit yang merupakan informasi batas stock terendah. Jika jumlah unit di gudang memiliki saldo yang sama dengan batas stok yang ditunjukkan sebagai garis stok hijau, informasi ini akan muncul di tab “Laporkan”. 3. Berdasarkan daftar item data PT. Masukkan juga persediaan awal produk pada “Neraca” pada media komputer di atas. Entri data dilakukan secara manual, dengan pengecualian kolom “Nama Item” dan “Jumlah”, yang merupakan kolom dalam sel rumus. – Masukkan kode barang berdasarkan kode barang di tab “Daftar”. Jika Anda menyalin kode item dari tab “Daftar” ke tab “Neraca”, kolom “Nama Item” akan disetel untuk setiap kode. – Isi juga kolom “Satuan” dan “Hpp”, kolom “Jumlah” menghitung total harga produk berdasarkan satuan dikalikan dengan hpp produk. 5

6 4. Isikan tab “Laporan” pada kolom “Kode” sehingga data yang dimasukkan melalui saldo awal, saldo keluaran dan masukan sesuai kode masing-masing item ditampilkan di tab “Laporan”. 5. Pada tab “Supplier”, isikan informasi pemasok atau pemasok tetap barang. Data ini digunakan sebagai database supplier yang nantinya dapat ditampilkan pada tab “Input” untuk melengkapi data pembelian. Entri data ini dilakukan secara manual untuk semua kolom. 6

Contoh Pembukuan Stok Barang Keluar Dan Masuk Secara Manual

7 6. Masukkan informasi pelanggan atau pelanggan tetap pada tab “Pelanggan”. Untuk pelanggan reguler, kami membuat data “ulasan pelanggan” yang dapat digunakan untuk data pelanggan reguler. Data ini kemudian ditampilkan pada halaman From untuk dijadikan sebagai database pelanggan untuk melengkapi data penjualan. Entri data ini dilakukan secara manual untuk semua kolom. 7. Untuk menuliskan kwitansi barang di bagian “Masuk”, Anda dapat melakukannya dalam bentuk lembaran, pembelian atau pengembalian. Lengkapi setiap baris untuk setiap transaksi. Faktur pembelian biasanya berisi beberapa item barang, sehingga semua item tersebut harus diisi secara lengkap pada setiap baris pada lembar entri. Kolom yang perlu Anda isi adalah Date, Evidence, Information, Supplier Code (dropdown list), Item Code (dropdown list), Units dan HPp. Kolom nama pemasok dan nama produk secara otomatis terisi sesuai dengan kolom kode di sebelah kiri. 7

8 Tab “Enter” adalah sumber data atau database, yang dianggap sebagai tab “laporan”. 8. Masukkan produk atau penjualan di “Eksternal”. Setiap transaksi penjualan harus diisi secara lengkap pada setiap baris seperti pada lembar “Input”. Kolom yang perlu Anda isi adalah: tanggal, bukti, informasi, kode pelanggan (drop-down list), kode produk (drop-down list), harga satuan dan harga jual. Kolom nama pelanggan dan nama produk otomatis terisi sesuai dengan kolom kode di sebelah kiri. 8

9 Tab “Output” adalah sumber data atau database yang akan diproses sebagai tab “Report”. Selain itu, sebagai database untuk menghasilkan faktur di tab “Faktur”. 9. Lembar “Laporan” berisi informasi perubahan unit produk berupa persediaan awal, masuk, keluar dan akhir. Nilai unit persediaan awal diambil dari database persediaan awal pada tab “Neraca”, nilai unit input diambil dari database barang masuk pada tab “Input”, dan nilai unit output diambil. Dari database barang keluaran di . lembar “dari”. Nilai unit persediaan akhir adalah selisih antara unit persediaan awal, persediaan masuk dan unit persediaan keluar. Nilai HPp diformulasikan berdasarkan metode rata-rata sistem untuk menghasilkan nilai rata-rata persediaan hpp. 10. Lembar “faktur” adalah bentuk faktur penjualan berdasarkan data yang dimasukkan dalam database penjualan atau lembar “eksternal”. Untuk menampilkan invoice, masukkan kode invoice pada kotak “Code” sesuai dengan kode invoice pada database penjualan yang ingin ditampilkan.

Menggunakan Pemformatan Bersyarat Untuk Menyoroti Informasi

10 Menambahkan baris data dan laporan Langkah-langkah untuk menambahkan baris data atau baris laporan sangat sederhana. Tempatkan baris yang ingin Anda tambahkan di antara baris yang ada terlebih dahulu dan jangan membaca beberapa rumus yang tidak berada di luar baris. Perintah ini setara dengan perintah Sisipkan Baris Excel, ia memblokir beberapa baris terlebih dahulu.

Format kartu stok barang excel, format stok barang, contoh format stok barang, format stok barang di excel, contoh excel stok barang, format excel untuk stok barang, format stok barang gudang, contoh format stok barang excel, download format excel stok barang, contoh laporan stok barang excel, format stok barang excel, format laporan stok barang excel