Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru – Revisi Buku Silabus Seni Budaya SMP-MT Kelas IX 2013 dimaksudkan untuk mengembangkan dan meningkatkan pemahaman siswa tentang pendidikan seni di Sekolah Menengah Pertama.

Buku Seni Budaya untuk siswa SMP-MT kelas IX ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Tujuan penyusunan buku ini sejalan dengan tujuan pendidikan seni budaya yaitu membentuk karakter bangsa, penguatan moral dan inisiasi pengembangan peserta didik menuju proses pendewasaan berbasis budaya melalui kegiatan ekspresi, kreativitas dan apresiasi. . Kompetensi inti dalam seni budaya dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni pertunjukan.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Kegiatan dalam buku ini mengarahkan siswa untuk menumbuhkan rasa estetis dan artistik, sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif, dan kreatif secara utuh. Selain itu, siswa juga diarahkan untuk meningkatkan sikap sosial dan intelektualnya. Pengembangan sikap tersebut dapat dilakukan melalui serangkaian kegiatan observasi, mengembangkan imajinasi, meningkatkan keterampilan, penilaian dan menumbuhkan rasa memiliki melalui pelibatan siswa dalam berbagai kegiatan seni. Dengan kata lain, siswa tidak hanya diarahkan untuk memahami konsep, tetapi juga diarahkan untuk berperan aktif dalam menciptakan atau mendemonstrasikan suatu karya secara langsung.

Ringkasan Materi Seni Budaya

Buku ini menyajikan berbagai kegiatan pembelajaran. Misalnya aktivitas siswa dalam mengungkapkan, mencipta, dan mengevaluasi. Buku ini juga memberikan penilaian di setiap babnya. Penilaian meliputi penilaian pengetahuan, keterampilan, penilaian diri dan kelompok serta penugasan portofolio. Penilaian yang disajikan dalam buku ini bertujuan untuk menilai atau mengetahui sejauh mana kemampuan siswa. Penyajian materi dalam buku ini disesuaikan dengan paradigma pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa. Siswa diharapkan mampu belajar secara mandiri, baik secara individu maupun kelompok. Seni tari dalam perkembangannya terus berubah mengikuti perkembangan zaman dan berkaitan dengan perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat penting, tidak dapat dipisahkan satu sama lain, saling berkesinambungan dan dinamis. Tari kreasi baru memiliki kebebasan berkreasi. Beberapa koreografer mengambil inspirasi dari daerah lain, sehingga tarian ini sering disebut tari kreasi baru.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Awalnya, tari kreatif merupakan evolusi dari tari rakyat dan tari klasik. Tarian kreatif baru muncul karena adanya tuntunan gerak dari berbagai daerah atau dengan masuknya gerak tari dari negara lain, yang dikembangkan dengan unsur tradisi yang ada dan iringan musik yang bervariasi. menjadikan tari di Indonesia semakin beragam. Tari kreatif merupakan salah satu bentuk ekspresi seni yang bersifat individual dan menekankan pada ekspresi dan estetika pertunjukan.

Yang dimaksud dengan tari kreatif adalah jenis tari yang koreografinya masih bertumpu pada tari tradisional atau pengembangan pola tari yang ada. Penciptaan tari terbentuk karena dipengaruhi oleh gaya tari dari daerah lain atau negara lain serta oleh kreativitas penciptanya. Misalnya tari Gebyar Trompong, tari Oleg Tambulilingan, tari manuk rawa (Bali), tari karonsih (Jawa Tengah), tari Kipas dan tari Toyg Pulo Kampu (Sumatera).

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Buku Siswa Kelas Xii. Seni Budaya. Semester 2. Revisi 2018

Tari Kreasi memiliki keragaman dan keunikan yang pasti berbeda dengan kawasan Asia. Perkembangan seni, termasuk seni tari, terjadi secara alami dan sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, terdapat keragaman seni tari, baik di nusantara maupun di luar nusantara (Luar Negeri). Genre tari kreatif dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:

Tari kreatif yang karyanya berdasarkan kaidah tari tradisional, baik dalam koreografi, musik/caravitan, tata busana dan tata rias, maupun teknik pertunjukan, tanpa menghilangkan esensi tradisi. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Nandak Gojek dari Betawi, ditarikan oleh siswa SMK Negeri di Jakarta, Jurusan Tari. Tarian ini diciptakan pada tahun 2014 oleh siswa SMK di bawah bimbingan seorang guru seni dan tari.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Tari kreatif yang karyanya menyimpang dari standar tradisional, baik dari segi koreografi, musik, tata rias dan kostum maupun teknik panggung. Salah satu kreasi baru tari nontradisional adalah tari kontemporer.

Tari Kreasi (materi Pelajaran Seni Budaya

Tarian kreatif dikembangkan dari pola tari nusantara yang ada. Komposisi tarian kreatifnya tidak terikat

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Pola lalu lintas dan aturan yang berlaku. Koreografi dan teknik gerakan tari kreatif dapat disesuaikan dengan tren saat ini.

Tari Gegot adalah tarian Betawi yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam pada tahun 1976. Tari Gegot adalah tarian yang menggambarkan kehidupan remaja putri Betawi yang bercanda di masa remajanya, canda dan tawa mewarnai kehidupannya. Ide dari tarian ini didasarkan pada topeng, panji dan karakter oranye, di mana kedua karakter tersebut mewakili kehidupan manusia sehari-hari. Dari kedua karakter tersebut dapat disimpulkan sebagai bentuk tarian sosial dan lelucon yang dapat diartikan sebagai persahabatan. Pengiring tari gegot adalah musik topeng Betawi, yaitu kendang, gong, kebul, kenong trio, kendeng, kekrek dan biola. Tari Gegeot merupakan salah satu tarian sebagai pertunjukan (tarian teatrikal). Jenis tarian ini merupakan tarian yang sengaja disusun untuk pamer. Oleh karena itu, penyajiannya mengutamakan aspek artistik, koreografi yang baik serta tema dan tujuan yang jelas.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Jual Buku Seni Budaya Smp Kelas 9 K13 Revisi Terbaru

Tari Ronggeng Blantek diciptakan pada tahun 1985 oleh Wiwiek Widyastuti. Tari Ronggeng Blantek merupakan tari kreasi baru yang keluar dari teater Betawi yaitu Topeng Blantek, dimana diawali dengan pertunjukan topeng, biasanya sebagai pembuka diawali dengan pertunjukan tari yang disebut Ronggeng Blantek. Dalam perkembangannya, tarian ini telah menjadi tarian mandiri dan banyak diminati masyarakat sebagai bentuk tarian dan pertunjukan pada acara penyambutan tamu.

Tari Loliyana merupakan tari kreasi yang berasal dari Maluk. Pertunjukan tari Loliyana didasarkan pada tradisi penduduk Kepulauan Teon Nila Serua. Tari Loliyana berasal dari upacara panen Lola, sehingga disebut tarian Panen Lola. Tari Loliyana berasal dari kata Lola yang merupakan karya mengumpulkan hasil laut. Proses pemanenan lola diawali dengan pesta rakyat keliling api unggun dari petang hingga subuh, dilanjutkan dengan ucapan syukur dan doa kepada Yang Maha Kuasa atas keberhasilan panen yang akan dilaksanakan.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Tari Saman adalah tarian Gayo yang biasanya dipentaskan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat mereka. Syair dalam tari dukun menggunakan bahasa Gayo. Apalagi biasanya tarian ini juga dibawakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Modul Ajar Seni Rupa Kelas 7 Kurikulum Merdeka Revisi 2022/2023

Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Warisan Manusia pada Sidang ke-6 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya UNESCO di Bali, 24 November 2013.

Modul Seni Budaya Kelas 9 Pdf Terbaru

Seni budaya kelas 7, modul seni budaya smk, seni budaya kelas 6, modul seni budaya kelas 10, modul seni budaya kelas 9, modul seni budaya kelas xi, seni budaya kelas x, modul seni budaya kelas 7, modul seni budaya, buku seni budaya kelas 10 pdf, seni budaya pdf, modul seni budaya kelas x