Modul Pedagogik Ppg 2021

Modul Pedagogik Ppg 2021 – Program PPG Jabatan merupakan program pendidikan vokasi dengan jenjang 7 dalam Jaringan Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sesuai dengan Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, jabatan PPG diselenggarakan mengikuti program sarjana atau pascasarjana yang berlaku yang berbeda dari program sarjana atau pascasarjana yang berlaku dalam hal standar kualifikasi kelulusan. Standar Kualifikasi Pascasarjana (SKL) prodi PPG yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dijabarkan dalam membentuk capaian pembelajaran lulusan prodi PPG.

Ada beberapa jalur yang harus diikuti oleh mahasiswa PPG. Batch 1 tahun 2021 sepenuhnya online – tersinkronisasi dengan platform Zoom dan Google Meet, alur aktivitas difasilitasi oleh tim PPG dari LPTK mereka, ketika siswa melapor sendiri dan memilih untuk berpartisipasi dalam program PPG dalam pelayanan. rekening SIMPKB.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Modul Pedagogik Ppg 2021

Alur yang difasilitasi oleh LPTK UNTIRTA melalui Learning Management System (LMS) bagi mahasiswa PPG terbagi menjadi 4 (empat) alur kegiatan pada Tahap 1 kegiatan program PPG 2021.

Modul Buku Pppk 2021 Guru Bahasa Indonesia

Berikut alur yang diterapkan pada kegiatan PPG 2021 dalam status mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 LPTK UNTIRTA;

Modul Pedagogik Ppg 2021

Setelah memilih Mahasiswa PPG Jabatan 2021 melalui SIM PKB, mengisi formulir Niat Mahasiswa PPG dan memberitahukan kepada masing-masing LPTK dan secara resmi menyatakan Mahasiswa PPG Jabatan 2021 di masing-masing LPTK. Mahasiswa PPG angkatan 2021 diundang mengikuti masa orientasi pada 9 April 2021 bagi mahasiswa PPG angkatan 1 di UNTIRTA melalui Zoom Meeting Platform yang didukung oleh LPTK UNTIRTA.

Pada kegiatan Orientasi Mahasiswa PPG 1 status 2021, mahasiswa mendapatkan pembekalan tentang teknik dan pelaksanaan PPG yang dilaksanakan secara online dalam keadaan khusus di masa pandemi virus Corona 19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. .

Modul Pedagogik Ppg 2021

Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

Teknis dan Pelaksanaan PPG angkatan 2021 posisi 1 menggunakan LMS yang disiapkan oleh tim PPG UNTIRTA dan GTK Pusat. Aliran ini akan diikuti dan dilaksanakan oleh mahasiswa PPG pada status 2021.

Setelah siswa menyelesaikan kegiatan orientasi, langkah pertama yang dilakukan adalah memperdalam materi. Pendalaman materi ini dilakukan sebelum kegiatan orientasi asinkron – asinkron mandiri mahasiswa, yang diambil dari materi dan modul di masing-masing akun SIM PKB. Materi yang dipelajari meliputi materi profesi dan materi akademik.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Subjek konten akademik dan profesional yang mendalam (bidang studi) dipelajari oleh siswa selama 5 sks setelah membahasnya secara mandiri dalam kegiatan asinkron. Kursus ini meningkatkan pemahaman tentang profesi, pedagogi, dan bidang studi melalui sistem manajemen pembelajaran (LMS) pembelajaran online dan mandiri (offline) dan sumber daya lainnya.

Modul Evaluasi Pembelajaran

Profesionalisme guru harus didukung oleh budaya, struktur sosial dan keragaman. Intensifikasi muatan akademik meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran akademik. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kajian mendalam antara lain:

Modul Pedagogik Ppg 2021

Suatu bidang kajian yang dapat menjelaskan aspek “apa: (isi), “mengapa” (filsafat), dan “bagaimana” (aplikasi) kehidupan sehari-hari. keterampilan (HOTS).

Intensifikasi materi dilakukan secara mandiri (offline) – asynchronous dan online (di bawah bimbingan dosen dan tutor) – untuk mempelajari dan mengkaji materi PPG, mengkaji dan menganalisis materi kajian. Pemahaman materi, materi HOTS, materi Miskonsepsi di bawah bimbingan dosen. Ini terdiri dari 5 unit kredit dalam kegiatan pengembangan profesional dan konten pendidikan dan berpuncak pada alur pembelajaran 13 hari yang mencakup pengembangan konten -> analisis konten -> persiapan konten -> analisis konten -> PEMBUKAAN.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Pdf) Profil Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar

Peningkatan Konten – Siswa melakukan studi mandiri dengan panduan singkat di LK 1 untuk setiap modul, ada 6 modul untuk modul mendalam konten profesional (Modul 1 – Bahasa Inggris untuk Informasi Publik, Modul 2 – Bahasa Inggris untuk Komunikasi Pribadi, 3- modul – Bahasa Inggris untuk Komunikasi Sosial, Modul 4 – Bahasa Inggris untuk Hiburan, Modul 5 – Bahasa Inggris untuk Penggunaan Praktis, Modul 6 – Bahasa Inggris untuk Konteks Akademik).

Untuk modul pedagogik terdapat 4 modul content-intensive, antara lain Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Peran Guru dalam Modul Pembelajaran Abad 21, Modul Pembelajaran Inovatif, dan Modul Desain Pembelajaran Inovatif.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Analisis isi bidang studi Dalam kegiatan ini, siswa secara mandiri (asynchronous) menerapkan hasil analisis isi pada setiap modul profesional kegiatan pembelajaran.

Mahasiswa Ppg Dalam Jabatan Ikuti Orientasi Akademik

Setelah melakukan klarifikasi dan diskusi dengan teman sejawat secara serempak dengan dosen, mahasiswa mereview materi yang sulit dipahami dan mengatasi miskonsepsi pada setiap modul. Sesuaikan konten ke setiap komponen modul dengan merujuk konten HOTS.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Persiapan bahan ajar – dosen, Dr. Diane Rahmavati, M.Pd., mahasiswa melakukan analisis modul untuk membuat kegiatan pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Analisis Isi Pedagogis – Kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan analisis modul profesional, hanya pembahasannya yang berbeda dengan modul profesional.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Simulasi Up Ppg Dalam Jabatan 2021, Coba Gratis

Sebuah tes sumatif diberikan pada akhir sesi untuk mengukur pemahaman asinkron siswa dari setiap modul.

Kegiatan desain studi dimulai pada hari Selasa, 27 April 2021. Sebagai seminar kegiatan perkuliahan ini berbobot 3 sks atau setara dengan 14 hari waktu belajar efektif.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Tahap perancangan penelitian ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan program PPG yang melengkapi tahap pendalaman isi (analisis masalah materi pembelajaran). Menghasilkan dokumen rancangan kegiatan pembelajaran, meliputi rencana aksi, bahan ajar LKPD, kegiatan pembelajaran, dan perangkat penilaian. Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran diuraikan dalam alur di bawah ini:

Review Modul 2 & 3 Pedagogik Ppg. Bayu Handono

Dalam kegiatan ini, siswa akan menerima komentar terkait observasi, identifikasi masalah pembelajaran, analisis kompetensi, dan konteks pembelajaran yang menantang.

Modul Pedagogik Ppg 2021

LK 2.1 Pedoman untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah belajar, melakukan observasi kelas secara individu, dan mengidentifikasi masalah belajar.

Rencana aksi ini terkait dengan pemecahan masalah pembelajaran yang diangkat pada forum diskusi sebelumnya.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Pai) Modul Buku Pppk Guru Pai Pendidikan Agama Islam 2021 Asn

Dalam kegiatan ini, siswa akan mendapatkan kejelasan terkait tahapan penyusunan atau perancangan instruksional berdasarkan hasil observasi, identifikasi dan analisis kompetensi sebelumnya.

Dalam kegiatan ini, siswa melakukan dan mencatat latihan pembelajaran dalam kelompoknya, melaksanakan salah satu rencana kegiatan yang disusun berdasarkan hasil.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Dalam kegiatan ini, siswa akan menerima penjelasan sinkron tentang langkah-langkah yang terlibat dalam berpikir. Observasi, identifikasi, dan refleksi terhadap hambatan dan hambatan desain dan implementasi studi.

Universitas Muhammadiyah Gresik

Dalam kegiatan ini, siswa diminta untuk menyusun rencana tindak lanjut (RTL) dengan jadwal pengenalan PPL di sekolahnya.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Penilaian komprehensif adalah penilaian teori pedagogis dan pengetahuan pembelajaran, termasuk konten inti, konten lanjutan, dan makna (penilaian, apa, mengapa, dan bagaimana muncul dari sumber lokakarya dan perangkat pembelajaran). TPACK dan PANAS). Ujian komprehensif diberikan kepada mahasiswa PPG untuk mengukur kesiapan dan kecukupan kualifikasi mahasiswa sebelum mengikuti PPL.

Untuk tes komprehensif, siswa memilih 2 set dari 3 dokumen alat yang dibuat selama fase desain untuk dipelajari. Selain itu, dosen melakukan tes baik secara lisan maupun offline. Materi ujian meliputi: materi studi wajib, materi studi lanjutan, materi pendukung HOTS, materi akademik, serta materi teknologi dan komunikasi, integrasi, dan pedagogi (TPACK) dalam dua dokumen perangkat kajian.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Jual Modul Ppg Pgsd Lengkap 11 Buku Indonesia|shopee Indonesia

Praktik mengajar, misalnya, membantu siswa mengembangkan keterampilan reflektif dalam mengajar. Dalam kegiatan pembelajaran langsung, siswa memahami keberhasilan dan hambatan yang mereka hadapi dan memfasilitasi pembelajaran dengan desain. Setelah latihan pembelajaran selesai, lebih mudah bagi siswa untuk melihat pencapaian dan kemunduran mereka dan kemudian memikirkan langkah-langkah perbaikan. Selain kemampuan berefleksi, siswa menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas dan memecahkan tantangan pembelajaran yang mereka hadapi secara online maupun offline.

Latihan pembelajaran dirancang dalam tiga siklus progresif, di mana setiap siklus mencakup kegiatan pendahuluan (persiapan dan koneksi), kegiatan aplikasi/inti, dan penutupan (refleksi dan observasi).

Modul Pedagogik Ppg 2021

Dalam kegiatan ini, siswa dilibatkan dalam mempersiapkan koneksi kelas dengan DP dan GP, ​​seperti menyiapkan ruang kelas dan fasilitas pendukung lainnya dengan platform dukungan online, dan berkomunikasi dengan orang tua/wali siswa dan membuat grup WA. Komunikasi.

Naskah Asli Soal Latihan Pppk Materi Pedagogik Serta Kupas Tuntas Apa Itu Pppk

Kegiatan ini dilakukan siswa selama 3 hari: membuat ruang rapat untuk melaksanakan latihan pembelajaran, mengunggah dan berbagi ruang rapat, mempelajari dokumen desain di forum diskusi, membuat topik diskusi dan melakukan latihan pembelajaran dari siklus 1 ke siklus. 3 Merekam hasil latihan pembelajaran dan mengunggah video yang telah diedit ke forum diskusi. .

Modul Pedagogik Ppg 2021

Dalam kegiatan ini siswa diminta untuk mengintegrasikan alternatif solusi dari kegiatan sebelumnya ke dalam hasil RPP 1-3, berdiskusi dengan DP dan GP, ​​mereview hasil RPP, dan berkonsultasi. Produksi produk rencana pendidikan yang maksimal.

Menghubungkan LK 3.7 sebagai kegiatan RTL terakhir yang dilakukan mahasiswa PPG pada status UNTIRTA 2021, LMS PPG LPTK menutup seluruh kegiatan milestone di UNTIRTA.

Modul Pedagogik Ppg 2021

Persiapan Ppg 2022 Dan Pembelajaran Inovatif Guru Era 4.0

Alhamdulillah travel guide PPG 2021 batch 1, LMS LPTK melalui UNTIRTA ke siklus fase PPL sudah full online. Fase orientasi Mahasiswa PPG pada 12 April 2021 di LPTK UNTIRTA dan fase terakhir hingga 5 Juli 2021. 3 siklus PPL dengan DPL dan GP. Siswa masih perlu melanjutkan

Modul ppg bahasa inggris 2021, modul ppg, modul pedagogik, contoh soal pedagogik pppk 2021, modul ppg 2021, ujian pengetahuan ppg 2021, modul ppg bahasa inggris, modul pedagogik jalurppg, soal pedagogik p3k 2021, pembahasan soal pedagogik pppk 2021, soal pedagogik pppk 2021, soal up ppg pgsd 2021