Modul Kelas 4 Tema 1

Modul Kelas 4 Tema 1 – Pemberitahuan Penting Scheduled Server Maintenance (GMT) Minggu, 26 Juni pukul 02.00 – 08.00. Situs web akan ditutup pada waktu yang ditentukan!

KD Indonesia 3.1 Mengamati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan dan tulis 4.1 Memperkenalkan pengamatan tentang hubungan antara gagasan dan tulisan. KD IPS 3.2 mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi-provinsi daerah sebagai identitas Indonesia. Dan hubungannya dengan karakteristik spasial 4.2 menunjukkan identifikasi sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama dari provinsi-provinsi regional yang menjadi identitas Indonesia. Dan hubungannya dengan sifat-sifat ruang KD. IPA 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan kaitannya dengan indera pendengaran. 4.6 Menyajikan laporan dengan hasil eksperimen tentang sifat suara.

Modul Kelas 4 Tema 1

Modul Kelas 4 Tema 1

Topik 1: Keanekaragaman budaya masyarakat negara kita kaya akan keanekaragaman. Ribuan pulau, kelompok etnis, tarian, bahasa, rumah, tradisi, agama, dan budaya lokal adalah milik pemberian Tuhan. Keberagaman ini adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga, bukan disia-siakan. Semua dalam NKRI yang menjunjung tinggi nilai-nilai kerukunan. Indonesia (KD 3.1 dan 4.1)

Modul Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1

Pelajaran 1, lihat gambar di bawah ini! Gambar di atas hanyalah sebagian kecil dari keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia. Ribuan suku bangsa dengan ciri khasnya masing-masing menciptakan keragaman. Wujud kebhinekaan adalah kekayaan bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan. Sebagai negara kepulauan Indonesia, terdapat banyak pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap pulau memiliki suku dan budaya yang berbeda. Seberapa beragamkah Indonesia? Baca artikel multikultural! Indonesia (KD 3.1 dan 4.1)

Modul Kelas 4 Tema 1

Memasukkan keragaman budaya umatku (pandangan Al-Qur’an) ke dalam aspek Islam, ras, etnis, bahasa, dll adalah hal yang mutlak dan menjadi Sunnatullah yang Allah tetapkan untuk makhluk di bumi. Bahkan dalam Al Qur’an dikatakan bahwa Allah SWT menciptakan manusia yang berbeda warna kulit, bahasa, suku bangsa untuk saling mengenal. Hal ini tertuang dalam surat Ar-Rum ayat 22 dan Al-Hujarat ayat 13. Dan bumi Anda dan bahasa Anda yang berbeda dan warna kulit Anda. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda bagi kamu yang mengetahui (Ar-Rum 22) للا ليٌم Wahai manusia, kamu harus saling mengenal. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu paling banyak beribadah di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengetahui (Al-Hujarat).

Menggabungkan nilai-nilai keragaman budaya negara saya (pandangan Al-Qur’an), Allah menciptakan manusia dalam keadaan, bentuk, dan lokasi geografis yang berbeda. Begitu pula dengan sifat dan karakter yang melekat pada diri manusia itu sendiri sehingga manusia dapat saling melengkapi. Ketentuan Tuhan untuk membuat perbedaan adalah sesuatu yang harus diterima umat manusia. Dalam ayat tersebut, Allah juga menegaskan bahwa perbedaan merupakan prasyarat bagi manusia untuk saling mengenal, dan ini bukanlah hal yang baik bagi manusia itu sendiri. Dalam ayat ini kita dapat memahami bahwa manusia di dunia ini tanpa memandang ras, suku, bahasa, agama, selera, sama pentingnya di mata Tuhan. Yang membedakan orang-orang ini adalah kejujuran mereka. Oleh karena itu, sebagai makhluk, kita harus menerima dan menaati perintah Sang Pencipta. Dalam hal ini, kita memiliki kewajiban untuk menghormati perbedaan dengan kemanusiaan di seluruh penjuru dunia, tanpa terkecuali. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk bertindak seperti kita, biarkan mereka bersikap kasar dan kasar terhadap orang yang berbeda dari kita. Kita harus menghormati satu sama lain tidak peduli siapa mereka atau dari mana asalnya, karena jika Tuhan menginginkan kita menjadi sama, Dia akan menyelesaikannya jauh sebelum kita ada di dunia. Namun pada kenyataannya Tuhan menciptakan kita secara berbeda untuk membuat hidup kita lebih berwarna.

Modul Kelas 4 Tema 1

Modul Bahan Ajar 3

Mengapa Allah menciptakan bangsa-bangsa? Manusia tidak dapat menyangkal aturan Tuhan. Karena tidak ada yang layak diperdebatkan dengan bukti fisik yang terlihat dari kekuatan seperti itu, akan sangat sedikit orang yang meragukannya. Alasan Tuhan tidak membuat manusia seragam adalah karena itu adalah kehendak Tuhan. Orang tidak bisa menghindarinya. Hal ini ditegaskan seperti dalam Al Qur’an Hud ayat 118, yang berbunyi: “Tapi mereka selalu tidak setuju.” Ada banyak kesamaan di antara orang-orang. Baik yang hidup di masa lalu maupun masa kini. Namun, Allah SWT telah membuat manusia berbeda ras, bahasa, dan suku.

Temukan ide dan dukungan penting dalam artikel “Keanekaragaman Budaya”! Gagasan utama …………………………………………… . …………………………………………. . … …………………………………………………………. . ……………………………………………………. Ide pendukung ……………………………………………….. . …………… …………………………………………. . ……………… .. ……………………………. . ……………………. .. ……………………… .. Wawancarai beberapa tetangga! Tanyakan kelompok etnis dan detail daerah tersebut! Tulis di kolom seperti contoh di bawah ini. Indonesia (KD 3.1 dan

Modul Kelas 4 Tema 1

Keanekaragaman Sosial dan Budaya di Indonesia Banyak budaya di Indonesia yang memiliki kepribadian dan sistem sosialnya masing-masing. Ini benar-benar dapat memengaruhi cara orang memandang satu sama lain. Perbedaan tersebut harus tetap menjadi teladan bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita harus saling mengenal untuk membangun nilai-nilai toleransi dan saling menghormati sebagai suatu masyarakat hukum dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kebudayaan sendiri terbagi menjadi dua yaitu kebudayaan fisik dan non fisik. Budaya fisik dapat dirasakan, dilihat dan diraba. Misalnya alat musik tradisional, pakaian adat dan rumah adat. Sedangkan budaya non fisik adalah budaya yang dapat dirasakan tetapi tidak dapat diraba dan dilihat. Contohnya termasuk bahasa lokal, adat istiadat, dan pengetahuan. IPS (KD 3.2 dan 4.2)

Modul Bahasa Indonesia Kelas Iv Tema 7

Keanekaragaman sosial dan budaya di Indonesia diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Penduduk Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa. Di satu pulau terdapat berbagai suku bangsa. Misalnya Banjar (Kalimantan Selatan), Gayo (Nanggroe Aceh Darussalam), Sunda (Jawa Barat). 2. Pakaian Adat Hampir semua daerah memiliki pakaian adatnya masing-masing. Pakaian adat masing-masing daerah memiliki makna tertentu. Contoh pakaian adat adalah Ulee Balang (Aceh), Aesan Gede (Sumatera Selatan), Paksian (Bangka Belitung) dan Pangsi (Banten). 3. Tarian Daerah Indonesia memiliki berbagai macam tarian. Ada banyak jenis tarian daerah di Indonesia. Misalnya tari cakram dari Sumatera Barat, tari Saman dari Asia, tari Sekapur Siri dari Jambi, tari Merak dari Jawa Barat, dan tari Simping dari Jawa Tengah.

Modul Kelas 4 Tema 1

4. Instrumen Lokal Instrumen lokal biasanya dimainkan untuk menghubungkan dengan lagu dan tarian lokal. Contoh instrumen lokal adalah gamelan (Jawa Tengah), bonang (Jawa Timur), Sasando (Nusa Tenggara Timur), tifa (Papua). 5. Bahasa Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan orang. Banyak bahasa daerah di Indonesia antara lain bahasa Jawa (Jawa Tengah, Yokata Timur, Jawa Timur), Betawi (Jakarta), Batak (Sumatera Utara), dan Baja (Kalimantan Selatan). 6. Tradisi Perbedaan adat istiadat setempat dipengaruhi oleh adat setempat. Upacara adat di Indonesia antara lain: 1) Bajijak Tanah (Kalimantan), upacara anak berjalan di darat dan sungai untuk pertama kalinya 2) Sao-Raja (Sulawesi Selatan) adalah upacara adat sebagai tanda syukur atas hasil panen. Dipanen 3) Dijampe Pu’un (Badui, Banten) sebagai pernikahan adat, dll.

7. Senjata Senjata kuno digunakan untuk berburu, memotong dan berkelahi. Namun kini semakin marak digunakan sebagai hiasan rumah atau sebagai tambahan pakaian adat. Contoh senjata tradisional antara lain badik merica (Jambi), tombak bercabang tiga (Sumatera Selatan), parang (DKI Jakarta), Keris (Jawa Tengah), Kujang (Banten), Rencong (Aceh), Terapang (Lampung) dan siwar panjang (Bangka Belitung). 8. Makanan Tradisional Selain bahasa yang berbeda, rumah adat, alat musik, orang Indonesia juga memiliki banyak makanan tradisional. Contoh masakan tradisional Indonesia antara lain kerak telor (Jakarta), pempek (Palembang), lumpia (Semarang), godheg (Yogyakarta), rujak cingur (Surabaya) dan Ayam betutu (Bali).

Modul Kelas 4 Tema 1

Jual Modul Tematik Kelas Vi Sd Tema 1 5 Indonesia|shopee Indonesia

Diskusikan bersama kelompokmu mengapa keragaman bisa disebut kekayaan suatu negara! Tunjukkan hasil diskusimu di depan kelas! Sebagai anak Indonesia, Anda harus bangga dengan keragaman yang ada. Kita juga harus menghargai perbedaan yang ada di lingkungan kita. Menghargai perbedaan merupakan ekspresi dari semangat persatuan dan kesatuan. Keanekaragaman yang kita miliki adalah kekayaan bangsa, termasuk kekayaan alat musik. Setiap daerah memiliki alat musik yang berbeda. Alat musik menghasilkan bunyi yang bila diatur dengan irama tertentu akan menghasilkan bunyi yang serasi dan indah. Alat musik ini biasanya digunakan untuk upacara atau tarian tradisional. Beberapa bermain dengan menyeret, meniup atau memetik. IPS alat musik daerah (KD 3.2 dan 4.2)

Selain contoh di atas, kita masih memiliki banyak alat musik lokal. Tuliskan nama alat musik tradisional lainnya yang kamu ketahui! Jelaskan asal usul perangkat ini, cara memainkannya, dan suara perangkat ini! Tulis di baris paling bawah! 1. Nama alat musik : …………………………………………. . .. .. .. ……… …………………………………………. . . . . . . . . . . Tempat Asal: …………………………… .. .. ………………………………………………………… .. ……………………………………………………….. .Cara Memainkan dan cara mengeluarkan bunyi : …….. … …. ………….. 2. Nama alat musik : ….. …. …………… ………………………………………… ……………………………………………………………… …. ……………… Tempat lahir: …………………… ………………………………. .. .. ……………… ….. …………………………… .. …………….. ….. Cara memainkan dan cara mengeluarkan suara : ……………. …. ………….. .. ….. ……. 3. Nama alat musik : ……… ……………………. ……………………………………………….. . ……………………………………………….. . . . . . . . . . . . . . . Tempat lahir: ……… …………. .. …………………………………………………………. ….. …………… .. ………………………… Bermain dan cara membuat suara: ………………………………… IPS (KD 3.2 dan 4.2)

Modul Kelas 4 Tema 1

Pandangan Al-Qur’an tentang keragaman suku bangsa mengandung pesan dalam ayat bahwa orang-orang ini didasarkan pada keluarga yang sama.

Modul Pembelajaran Pai Kelas 4 Sekolah Dasar (sd) 2021

Modul kelas 2 tema 5, modul matematika kelas 1, modul tematik kelas 4, buku modul kelas 4, modul tema 1 kelas 5, modul pai kelas 1, modul sd kelas 1, modul tematik kelas 4 semester 1, modul kelas 3 tema 1, modul tema 1 kelas 4, modul kelas 4, modul matematika kelas 4 semester 1