Langkah Langkah Membuat Modul

Langkah Langkah Membuat Modul – 2 1. Pengertian modul Modul adalah buku yang ditulis dengan tujuan agar siswa belajar tanpa bimbingan atau mendengarkan guru (Depdiknas) Departemen Pendidikan Nasional (2008:20) mendefinisikan modul sebagai seperangkat bahan ajar. Disajikan dalam suatu sistem sehingga pengguna dapat belajar dengan cepat atau tanpa fasilitator/guru. Vembriarto (1985: 47) mendefinisikan modul sebagai program belajar mengajar minimum yang menjamin spesifikasi tujuan, topik, pokok-pokok materi, peran guru, alat dan sumber belajar, kegiatan belajar, lembar kerja. dan program evaluasi.. Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa modul adalah bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri, memiliki tujuan, bahan, metode, evaluasi dan dikemas secara sistematis, menarik dan rinci.

A. Fungsi modul adalah sebagai bahan ajar mandiri sebagai alat penilaian (mengukur efikasi diri) sebagai bahan acuan bagi siswa sebagai pengganti pekerjaan guru.

Langkah Langkah Membuat Modul

B. Bertujuan untuk membuat modul menjadi jelas dan penyajian pesan tidak terlalu bertele-tele. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan indera siswa dan guru. seperti: a) meningkatkan motivasi dan motivasi belajar siswa; b) meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya; c) memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya; d) Memungkinkan siswa untuk mengukur atau mengevaluasi hasil belajar mereka sendiri.Selain itu, modul dapat berusaha untuk memastikan bahwa peran guru tidak dominan dan dominan dalam proses pembelajaran.Pelatihan loyalitas siswa.

Langkah Langkah Membuat Jurnal Penelitian

C. Penggunaan modul memberikan informasi dasar bagi siswa untuk mengajarkan materi atau petunjuk sebagai materi pelengkap Gambar dan foto yang menarik menjadi panduan mengajar yang efektif bagi guru Siswa mempraktikkan materi sambil membuat penilaian sendiri.

A. Menurut Vembriarto, modul memiliki satuan atau paket pembelajaran terkecil dan terlengkap. Ini melibatkan serangkaian kegiatan pembelajaran yang terencana dan sistematis. Berisi tujuan pembelajaran (tingkat kemahiran dan keterampilan dasar) yang jelas dan ringkas. Siswa dibiarkan belajar secara mandiri (mandiri). Ini adalah pengakuan atas perbedaan individu.

Self-Education Dalam modul ini, siswa dapat mendidik dirinya sendiri dan tidak dihakimi oleh orang lain. Mandiri, mis. semua materi pembelajaran dari suatu kompetensi atau sub kompetensi biasanya dimuat dalam satu modul (mendukung keseluruhan kurikulum). Stand alone atau berdiri sendiri, yaitu modul yang dibangun tidak bergantung pada bahan ajar lain. Modul harus memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dikatakan modul dapat beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mudah digunakan di berbagai bidang. Modul adaptif adalah ketika materi pembelajaran dan konten perangkat lunak dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Modul harus memenuhi kriteria ‘user friendly’ atau ramah pengguna.

Pembuatan Roda Gigi Lurus

B. Jenis modul menurut pengguna: modul siswa dan modul guru sesuai dengan tujuan penyusunnya: 1. Modul inti: modul yang terdiri dari kurikulum dasar, yang merupakan standar pendidikan dasar umum, yang diwajibkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Warga 2. Modul Pengayaan: Modul untuk persiapan unit Program Pengayaan yang memperluas atau memperluas pembelajaran dasar IMIM.

(a) Mata Pelajaran, (b) Pedoman Pembelajaran (Pedoman Siswa/Guru), (c) Kompetensi yang Akan Dicapai, (d) Isi atau Isi Materi, (e) Informasi Pendukung, (f) Latihan, (g) Pekerjaan Terbimbing, dalam Lembar Kerja (LK) dapat berupa (h) penilaian dan (h) umpan balik atas hasil penilaian.

Penyusunan tujuan pengajaran yang jelas dan spesifik: Lembar Kegiatan Siswa (Student Use Guide), Pedoman Guru untuk Guru: Pedoman untuk mengefisienkan proses pembelajaran dengan modul, waktu penyelesaian modul, kegiatan yang berbeda, perangkat pembelajaran dan alat peraga, prosedur penilaian, jenis alat penilaian LKS : Berisi materi, kegiatan (pengamatan, percobaan, dll) yang bertujuan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dalam modul.

Cara Membuat Modul Pembelajaran Yang Menarik

12 4. Elemen modul Lembar kerja siswa: pertanyaan, masalah, siswa untuk menjawab Lembar kerja untuk menjawab pertanyaan dan masalah: sebagai penilaian, cek sendiri, mencari kesalahan, guru dapat memberikan umpan balik sesegera mungkin Lembar kerja evaluasi: guru digunakan sebagai penilaian untuk siswa Kunci jawaban hanya untuk guru.

1. Analisis SK dan KD adalah untuk menentukan bahan ajar yang merupakan bahan ajar yang diperlukan. Dalam menentukan kurikulum, kita menganalisis inti materi yang akan diajarkan, kemudian kompetensi yang harus dimiliki siswa dan hasil belajar kritis apa yang harus dimiliki siswa (critical learning outcome).

2. Penentuan Topik Modul Topik modul ditentukan berdasarkan materi pembelajaran yang termasuk dalam KD-KD atau kurikulum. Jika ukuran kualifikasi tidak terlalu besar, dapat digunakan sebagai judul modul, dimungkinkan untuk mengidentifikasi ukuran kualifikasi, dll, dapat mencapai maksimal 4 MP jika diatur dalam judul. , maka kualifikasi tersebut dapat digunakan sebagai judul modul. Namun jika dibagi menjadi 4 MP, misalnya, perlu dipertimbangkan kembali kebutuhan untuk membaginya menjadi 2 judul modul.

Modul 1 Teori Canva Dasar

3. Pemberian kode modul Kode modul sangat penting untuk memudahkan pengelolaan modul. Biasanya yang dimaksud dengan kode modul adalah angka, misalnya angka pertama, angka satu (1) berarti IPA, (2): IPS. (3): Bahasa. Kemudian digit kedua adalah klasifikasi/kelompok besar studi atau kegiatan atau spesialisasi dalam departemen terkait. Misalnya dalam belajar IPA, 1 angka detik berarti fisika, 2 kimia, 3 biologi dan seterusnya.

4. Modul Teks a. Pembentukan kompetensi dasar yang harus dicapai b. Penetapan alat penilaian/evaluasi c. Persiapan bahan d. Urutan pembelajaran e. Struktur bahan ajar/modul dapat berupa topik, pedoman pembelajaran (student/ teacher guide), kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan, instruksi kerja, lembar kerja (LK), penilaian/evaluasi.

Jelaskan apa yang perlu dilakukan sebelum mempelajari modul Harapan setelah menyelesaikan modul Pengantar yang menjelaskan bagaimana pembaca akan berinteraksi dengan modul Menyajikan teks sejelas mungkin Mendukung pembaca untuk mencoba semua langkah yang diperlukan untuk memahami materi Libatkan pembaca dalam kegiatan yang mendukung pembaca Memberikan umpan balik bagi pembaca untuk meringkas dan merefleksikan apa yang telah dipelajari dalam modul Bantu dia

Membuat Modul Elektronik

18 Fokus Identifikasi tujuan pembelajaran: ABCD (audiens, perilaku, situasi, derajat) Buatlah daftar materi ABCD, umur, perilaku yang diharapkan, kondisi awal, dan tingkat kemampuan yang diharapkan Isi teks : a. Menentukan materi menulis: Apa yang siswa ketahui tentang menulis, apa yang perlu diketahui siswa, apa manfaat membaca teks?

Tulis kata-kata yang seolah-olah berbicara langsung kepada pembaca – gunakan kata ganti orang pertama: kamu, saudara, penulis, dll. – berbicara langsung kepada siswa – tulis tentang orang, fakta – gunakan kalimat aktif dan subjek pribadi – gunakan kata kerja – gunakan kalimat pendek – gunakan paragraf pendek – Gunakan contoh, contoh, atau kasus

Menentukan format dan tata letak 1. Menentukan tata letak modul: menggunakan daftar, menggunakan kotak, menggunakan kata-kata penting dalam huruf tebal, miring 2. Menentukan format modul: pengulangan dan konsistensi harus diperhatikan, ramah pembaca .

Fantastis!! Cegah Penularan Covid 19, Mahasiswa Kkn Tim I Undip Adakan Pelatihan Untuk Ibu Ibu Pkk Cara Membuat Handsanitizer Standar Who.

Sebelum memulai pelajaran Saat memberikan pelajaran Setelah memberikan pelajaran Daftar isi Pendahuluan Daftar isi Latar Belakang Uraian Singkat SK Peta Konsep Manfaat Tujuan Pembelajaran Panduan Penggunaan Modul 11. Materi Pokok KD Topik Pernyataan Latihan atau Kegiatan 17. Mandiri -Tes 18. Post-Test 19. Monitoring 20. Harapan 21. Glosarium 22. Daftar Pustaka 23. Kunci Jawaban

23 Pendahuluan Topik Daftar Isi Kompetensi Peserta didik (KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran) Peta Konsep Materi (Berdasarkan Topik, Gambar, Tulisan, Informasi Esensi, Contoh Soal + Diskusi), Lembar Kerja/Ringkasan Penilaian Praktik (Opsi 20 dan Esai 5) Daftar perpustakaan kunci jawaban.

Kami mengumpulkan dan membagikan data pengguna dengan pemroses untuk mengoperasikan situs web ini. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.3 1. Modul adalah paket otodidak yang berisi konsep atau unit daripada materi pembelajaran. Kebebasan dan pengalaman siswa dalam menggunakan media dalam modul dilibatkan secara aktif. Modul adalah seperangkat materi pembelajaran yang lengkap dan dikemas secara sistematis yang mencakup pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Modul minimal terdiri dari tujuan pembelajaran, materi/unsur pembelajaran dan penilaian. 11/11/2017 PSD131-BA-TM14-PGSD_UEU-2016

Modul Database4 Revpkt

Jaga agar pesan tetap jelas dan sederhana sehingga tidak terlalu bertele-tele. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan indera siswa atau peserta dan guru/instruktur. Seperti: mengembangkan motivasi dan motivasi belajar bagi siswa atau peserta diklat; Mengembangkan kemampuan siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya, memungkinkan siswa atau peserta belajar secara mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Hal ini memungkinkan siswa atau peserta untuk mengukur atau mengevaluasi hasil belajar mereka sendiri. 11/11/2017 PSD131-BA-TM14-PGSD_UEU-2016

5 2. Karakteristik modul Dalam rangka menciptakan modul yang meningkatkan motivasi belajar, pengembangan modul harus memperhatikan karakteristik penting sebuah modul, yaitu: a) otodidak, b ) pengendalian diri , c) berdiri sendiri, d . ) kemampuan beradaptasi dan e) ramah pengguna. 11/11/2017 PSD131-BA-TM14-PGSD_UEU-2016

6 a. Self-Teaching Untuk mencapai komponen self-teaching, modul harus: memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, dan mampu menentukan tingkat kompetensi dan keterampilan inti. Terdiri dari materi pembelajaran yang dikemas dalam unit-unit kegiatan kecil/tertentu, sehingga mudah untuk dipelajari secara menyeluruh. Terdapat ilustrasi dan contoh yang mendukung kejelasan materi pembelajaran; Ada soal latihan, tugas, dll untuk mengukur kinerja siswa. Konteks, mis. materi yang disampaikan berkaitan dengan suasana, tugas atau aktivitas siswa dan lingkungan. Terdapat rangkuman materi pembelajaran menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif; Alat-alatnya ada.

Apa Itu Alur Tujuan Pembelajaran (atp) Dan Bagaimana Membuatnya?

Langkah awal membuat website, langkah membuat website, langkah langkah membuat aplikasi, cara membuat modul strobo, langkah langkah membuat ppt, langkah membuat email baru, langkah langkah membuat cv, langkah langkah membuat makalah, langkah langkah membuat artikel, langkah langkah pembuatan modul, langkah membuat laporan keuangan, langkah membuat website gratis