Download Modul Kursus Komputer Office 2010

Download Modul Kursus Komputer Office 2010 – Modul Praktikum MS. Nama KANTOR 2010 : NPM : Jurusan : Modul Praktikum MS. Kantor Pelatihan 2010 IAC-UPT

Download “Modul Praktikum MS. OFFICE 2010 Nama : NPM : Jurusan : Modul Praktikum MS. Office 2010 Diklat IAC-UPT”

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

3 3 MEMULAI MICROSOFT WORD Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang relatif lengkap dan lebih otomatis, bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh perangkat lunak ini mendukung berbagai kebutuhan mulai dari menulis atau menyusun skrip umum, laporan, surat kabar, hingga pengiriman faks. Dalam bab ini, kita akan mengenal penawaran domestik. Di menu ini ada sekelompok toolbar, gaya font paragraf di panel pengeditan dan. Cara menjalankan aplikasi Microsoft Word Prosedur: 1. Pilih tombol Start di pojok kanan bawah layar. 2. Saat muncul menu pilih Programs, lalu Microsoft Office dan pilih 3. Microsoft Office Word Akan muncul gambar berikut:

Modul Pelatihan Microsoft Office Word Dan Excel Tingkat Smk

4 4 Gambar 1.1 Aplikasi Microsoft Word Komponen utama layar Ms Word. Bilah judul Windows menunjukkan nama file dan Microsoft Word, nama file sebelum diubah adalah Document1, Document2, dll. Di sudut kanan di sebelah jendela ada tombol yang mengakhiri penerapan kata. Minimalkan, maksimalkan

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

5 5 Tombol File digunakan untuk: – Membuat file baru – Membuka file – Menyimpan file – Mencetak kata keluar Di sebelah kanan tombol Office terdapat tombol Save, Cancel, Recreate, dan Customize Quick Access Toolbar. Digunakan untuk menampilkan tombol-tombol yang ingin ditampilkan pada taskbar, misalnya jika kita mengklik tombol Open dan dokumen baru, sebuah tombol akan muncul pada taskbar, yang akan mempercepat pekerjaan. Sebagai tip, tampilan tombol yang sering Anda gunakan untuk menu Menu di Ms Word 2010 ditunjukkan pada gambar berikut Gambar 1.2 Menu di MS Word. Setiap menu yang aktif (diklik) akan memunculkan toolbar di bawahnya. Toolbar adalah serangkaian alat (gambar berupa tombol-tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengoptimalkan pengoperasian program. Misalnya kita klik menu home, maka akan muncul toolbar berikut:

6 6 Gambar 1.3 Toolbar menu Cursor Kursor atau cursor merupakan indikator dimana teks akan muncul jika kita mengetik. Posisi ini membutuhkan perhatian karena Ms. Ward menggunakannya sebagai dasar untuk pekerjaan yang ditugaskan kepada kami. Menggulir teks untuk membuat dokumen lebih mudah dibaca dengan menggulir layar secara vertikal dan horizontal. Memasukkan Teks Setelah Anda mengetahui dasar-dasar layar Word, Anda dapat langsung memasukkan teks. Beberapa catatan: Kartu digunakan untuk mengidentifikasi baris pertama. Word secara otomatis memulai baris baru ketika teks mencapai tepi kanan halaman. Jika Anda mengalami kesalahan pengetikan, tekan tombol Backspace untuk menghapusnya. Tekan Enter untuk menambahkan baris kosong. Kursor (cursor) digunakan untuk memulai entri teks. Penunjuk tetikus bergerak di layar saat Anda menggerakkan tetikus. Indikator ini akan muncul sebagai I atau panah. Sebagai latihan, tulislah teks berikut: Mulailah dengan niat dan keikhlasan Ben Malmpong, halo. Alfian Husin, S.H., yang ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda, agar dapat berpartisipasi dan bersaing dengan sumber daya manusia daerah lainnya, serta negara lain untuk menghadapi masa-masa sulit. Untuk melakukan kegiatan akademik dan non-akademik, Dharmajaya menggunakan tujuh gedung yang berlokasi strategis di Jl. Jalan Zainal Abidin Pagar Alam no. 93 Tanjungkarang Rajabasa. Gedung tersebut terdiri dari tiga gedung untuk administrasi dan kemahasiswaan, empat gedung untuk perkuliahan dan laboratorium. Semua bangunan milik pribadi.

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

Belajar Microsoft Word Dari A Z (panduan Lengkap)

7 7 Koreksi teks Saat membuat dokumen, sering kali kursor perlu dipindahkan untuk menambah atau menghapus teks ke tempat lain. Caranya adalah sebagai berikut: 1. Menggunakan mouse, gerakkan pointer mouse berbentuk I-beam ke posisi yang diinginkan di area teks dan klik dengan mouse. Jika tempat yang ingin Anda tuju tidak terlihat, Anda perlu menggulir ke tempat yang diinginkan dan menggunakan panah atas dan bawah untuk memindahkan satu baris ke atas atau ke bawah. Gunakan panah atas dan bawah ganda (di bawah bilah alat vertikal) untuk berpindah ke atas atau ke bawah satu halaman. 2. Menggunakan keyboard Jika Anda menggunakan tombol pada keypad numerik, pastikan fungsi NUM LOCK dimatikan. Lihat tabel berikut. Menyimpan dokumen Untuk menyimpan dokumen, klik tombol Office, lalu pilih Simpan, atau klik tombol pada toolbar. Gambar berikut akan muncul:

8 8 Gambar 1.4 Aplikasi Save Document Pilih lokasi file (direktori) pada bagian Save to:, masukkan nama file pada bagian File name, kemudian klik tombol Save. Sebagai latihan, beri nama file yang diketik Lat1.doc Menutup dokumen Setelah Anda selesai mengerjakan sebuah dokumen dan selesai menyimpannya, Anda mungkin perlu menutup dokumen tersebut dan kemudian mengerjakan dokumen lain. Klik Tombol Office dan pilih Tutup. Membuka dokumen Untuk membuka dokumen, tekan tombol Office dan pilih Open, Word akan menampilkan kotak dialog berikut:

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

9 9 Gambar 1.5 Membuka dokumen aplikasi Cari direktori dan folder yang berisi file yang akan dibuka pada bagian “Look in”, kemudian klik file yang ingin dibuka, kemudian klik tombol Open, maka akan muncul file anda ditampilkan pada layar Word. Sebagai latihan, buka kembali file Latl.doc yang dibuat tadi. Keluar dari Word Klik tombol di sudut kiri atas jendela Word dan Word akan menghilang. Latihan > Buat teks berikut:

Tutorial Microsoft Office Power Point 2010

10 10 MICROSOFT WORD Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah software pengolah kata terkemuka dari Microsoft. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 sebagai Multi-Tool Word untuk Xenix, versi selanjutnya dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2 dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007, diberi nama Microsoft Office Word. Membuat skrip a. Jalankan manuskrip Jalankan lembar kerja Microsoft Word Atur margin lembar Tulis skrip yang diperlukan b. Mengatur pengaturan halaman (margin dan ukuran kertas) 1. Klik Page Layout dan. Klik tab Margins Pilih bentuk border yang diinginkan Top : Jarak antara bagian atas kertas dengan teks/script. Bawah: Jarak antara bagian bawah kertas dengan teks/naskah. Kiri: Jarak antara sisi kiri kertas dan sisi kiri naskah. Kanan: Jarak antara sisi kanan kertas dan sisi kanan naskah. Atap: ruang ekstra di tepi kiri untuk penutup. Lokasi Talang: Lokasi talang. Orientation: Mengatur orientasi cetak halaman menggunakan Portrait (panjang) dm Landscape (lebar). Pratinjau: Tangkapan layar Word. 2. Ukuran kertas

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

11 11 a. Klik SIZE dan masukkan ukuran kertas yang diinginkan. B. Jika tidak ada yang cocok, klik ukuran kertas lain, misalnya: A4, Legal, dll. Width Height: Menentukan lebar kertas. : Menentukan ukuran tinggi kertas. Gambar 1.7 Implementasi definisi halaman c. Latihan mengetik Untuk menggunakan huruf kapital di awal kata atau kalimat, tekan tombol Shift bersama dengan tombol huruf awal (jika Caps Lock tidak aktif). Untuk menghapus kata atau kalimat ke kiri, tekan tombol Backspace. Untuk menghapus kata atau kalimat di sebelah kanan, tekan tombol Hapus. Untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya, tekan Enter. Untuk memasukkan paragraf baru, tekan tombol Tab. Untuk menyisipkan spasi dalam kata atau kalimat, klik tombol spasi. Untuk pergi ke awal kalimat teks, tekan tombol home. Untuk pindah ke akhir kalimat teks, klik tombol Akhiri. Untuk mengaktifkan tombol angka pada keyboard kanan, tekan tombol Num Lock. d. Pengaturan perataan teks Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:

12 12 Rata Kiri (Ctrl + L): Ratakan teks ke kiri. Center (Ctrl + E): Sejajarkan teks ke tengah. Rata Kanan (Ctrl + R): Sejajarkan teks ke kanan. Align (Ctrl + J): Meratakan teks ke kiri dan kanan. Tuhan. Rancang karakter font dalam tulisan tangan Anda dari menu Desain Font, Font: Pengaturan Font. Font : Memilih font. Contoh: Arial, Tahoma, dll. Gaya font: bold (pilih ketebalan huruf), italic (kemiringan huruf), underline (huruf bergaris bawah). Ukuran: Pilih ukuran font. Font Color: Memilih warna font. Underline Style : Memilih bentuk dan ketebalan huruf yang digarisbawahi. Warna garis bawah: Warna garis bawah huruf. Efek: menunjukkan efek pencetakan surat. Atau kita bisa mengatur format teks menggunakan ikon pada toolbar formatting. Font: Pilih jenis font (Ctrl + Shift + F). Ukuran font: memilih ukuran font (Ctrl + Shift + P). Tebal : huruf tebal (Ctrl + B). Miring: Miring (Ctrl + I). Garis bawah : Garis bawah (Ctrl + U). Warna Font: Mewarnai huruf. latihan

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

Materi Kursus Komputer Mudah Dipahami

13 13 >Buat teks berikut: Simpan karena lebih beragam. Kejutan baru yang ditawarkan Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen dalam format PDF, XPS (mobile online), ODT (OpenOffice). Awalnya, format PDF dan XPS hanya dapat digunakan dengan ekstensi di Office. Meskipun ODT adalah format dokumen atau ekstensi di OpenOffice, ini merupakan bukti keserbagunaan dan dukungan Microsoft Office, bahkan terhadap open source. Pengaturan Halaman: > Kertas: A4 Margin: > Kiri: 2,5 > Kanan: 2,5 > Atas: 3 > Bawah: 3 Orientasi: Sepanjang penyuntingan teks a. Blok teks >Gunakan keyboard untuk menempatkan kursor di awal kata/kalimat yang ingin diblokir >Tekan tombol Shift dan tekan panah ( ) secara bersamaan di awal kata/kalimat.

14 14 Atau bisa menggunakan mouse > klik dengan tombol kiri mouse tanpa melepas (drag) di awal kata/kalimat yang akan diblokir > drag pointer mouse ke akhir kata/

Download Modul Kursus Komputer Office 2010

Modul kursus microsoft office, download word office 2010, modul office 2010, modul ms office 2010, download office 2010 gratis, modul kursus komputer office 2010 pdf, office 2010 download, modul kursus komputer office, modul kursus komputer microsoft office 2010 pdf, modul kursus komputer microsoft office 2007 pdf, modul kursus komputer office 2010, modul kursus komputer microsoft office 2016